Kompas.com - 16/11/2020, 13:34 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengar tentang mitosis? Mitosis adalah istilah lain dari pembelahan sel. Mitosis berasal dari bahasa Yunani “mites” yang berarti benang dan “osis” yang berarti proses.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, mitosis adalah proses pembelahan sel di mana suatu sel membelah menjadi dua sel anak dengan pasangan basa DNA yang identik.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Tahapan mitosis sel

Proses mitosis berlangsung dalam empat tahap, yaitu profase, metafase, anafase, telofase, dan sitokinesis.

Baca juga: Pembelahan Mitosis dan Tahapannya

Profase

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Profase

Profase adalah tahap pertama mitosis yaitu pemadatan dan penebalan kromosom menjadi struktur X sehingga lebih terlihat dibawah mikroskop. Struktur X terbentuk dari dua kromatid yang disatukan oleh sentrosom.

Sel induk akan membentuk dua sentriol lalu munculnya spindle atau benang tipis yang menghubungakn kedua sentriol. Saat profase, sitoplasma (cairan sel) akan mengental dan memucat.

Dilansir dari Microbe Notes, membran nukleus akan menyusut dan menghilang secara perlahan membuat nukleous (cairan inti sel) menghilang.

Metafase

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Metafase

Metafase adalah tahap kedua dari mitosis saat membran inti sudah tidak ada sehingga kromosom keluar dari inti dan berada disepanjang bidang equator sel. Kromosom berada pada kondisi paling padat sehingga lebih pendek dan paling tebal.

Baca juga: Pembelahan Sel: Mitosis dan Meiosis

Pada metafase, kromatid saling tolak-menolak dan masing-masing melekat pada serat diujung kutub yang berlawanan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.