Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasifikasi Demokrasi

Kompas.com - 07/02/2020, 11:00 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

Sumber Kemdikbud

88822222

KOMPAS.com - Dalam sebuah negara demokrasi kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Dijalankan langsung oleh rakyat atau wakil-wakil yang dipilih melalui sistem pemilihan bebas.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Abraham Lincoln menyatakan demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Rakyat punya kebebasan melakukan semua aktivitas kehidupan termasuk aktivitas politik tanpa tekanan dari pihak mana pun. Karena pada hakikatnya yang berkuasa adalah rakyat untuk kepentingan bersama.

Sebagai konsep politik, demokrasi adalah landasan dalam menata sistem pemerintahan negara yang terus berproses ke arah lebih baik.

Dalam proses tersebut, rakyat berperan penting menentukan atau memutuskan berbagai hal menyangkut kehidupan bersama sebagai sebuah bangsa dan negara.

Baca juga: Demokrasi: Pengertian, Sejarah Singkat dan Jenis

Klasifikasi demokrasi

Demokrasi telah menjadi sistem politik yang dianut sebagian besar negara di dunia. Meski begitu, pelaksanaan demokrasi berbeda-beda tergantung sudut pandang masing-masing.

Adanya keanekaragaman sudut pandang tersebut membuat demokrasi dapat diklasifikasikan menjadi berbagai macam bentuk, antara lain:

Berdasarkan titik berat perhatian

Berdasarkan titik berat perhatiannya, bentuk demokrasi ada tiga, yaitu:

  • Demokrasi formal

Demokrasi formal adalah demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik. Tanpa disertai upaya mengurangi kesenjangan dalam bidang ekonomi. Bentuk demokrasi formal biasanya dianut negara-negara liberal.

  • Demokrasi material

Demokrasi material adalah demokrasi yang menitikberatkan upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi. Sedangkan persamaan dalam bidang politik kurang diperhatikan bahkan dihilangkan. Dianut negara-negara komunis.

  • Demokrasi gabungan

Demokrasi gabungan adalah bentuk demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari bentuk demokrasi formal dan material. Dianut negara-negara nonblok.

Baca juga: 8 Jenis Demokrasi di Dunia

Berdasarkan ideologi

Berdasarkan ideologi yang menjadi landasannya, bentuk demokrasi ada dua, yaitu:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com