Ilmuwan Kaitkan Hubungan antara Pola Makan dan Risiko Kanker

Kompas.com - 12/05/2024, 09:35 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebuah tim peneliti dari National University of Singapore (NUS) telah menemukan temuan baru yang dapat membantu menjelaskan hubungan antara risiko kanker dan pola makan yang buruk, serta risiko penyakit umum seperti diabetes yang timbul dari pola makan yang buruk.

Wawasan yang diperoleh dari penelitian ini menjanjikan kemajuan dalam strategi pencegahan kanker yang bertujuan untuk mendorong penuaan yang sehat.

Baca juga: 5 Makanan Bantu Kurangi Risiko Kanker

Hubungan pola makan dan risiko kanker

Kanker disebabkan oleh interaksi antara gen dan faktor-faktor di lingkungan, seperti pola makan, olahraga, dan polusi.

Bagaimana faktor-faktor lingkungan tersebut meningkatkan risiko kanker masih belum jelas, namun sangat penting untuk memahami hubungan antar faktor ini jika ingin mengambil tindakan pencegahan akan risiko kanker.

Berdasarkan artikel yang terbit di jurnal Cell tahun 2024, tim peneliti dari NUS pertama kali mempelajari pasien yang berisiko tinggi terkena kanker payudara atau ovarium karena mereka mewarisi salinan gen kanker yang salah – BRCA2 – dari orang tua mereka.

Penelitian menunjukkan bahwa sel-sel dari pasien tersebut sangat sensitif terhadap efek metilglioksal, yaitu bahan kimia yang dihasilkan ketika sel-sel memecah glukosa untuk menghasilkan energi.

Penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia dari proses metilglioksal ini dapat menyebabkan kesalahan pada DNA yang merupakan tanda peringatan awal perkembangan kanker.