Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan dan Minuman yang Ternyata Tinggi Gula

Kompas.com - 08/04/2024, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Banyak orang yang mencoba meminimalkan asupan gula, namun hal ini bisa sangat sulit dilakukan. Salah satu alasannya adalah banyak makanan yang mengandung gula tersembunyi, termasuk beberapa makanan yang bahkan dianggap tidak manis.

Faktanya, produk yang dipasarkan sebagai produk “ringan” atau “rendah lemak” juga dapat mengandung lebih banyak gula dibandingkan produk biasa.

Makanan dan minuman yang ternyata tinggi gula

Berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang diam-diam mengandung gula yang tinggi.

1. Yoghurt rendah lemak

Yogurt bisa sangat bergizi. Namun, tidak semua yogurt sama. Seperti banyak produk rendah lemak lainnya, yogurt rendah lemak sering kali mengandung tambahan gula untuk meningkatkan rasanya.

Misalnya, satu cangkir (245 gram) yogurt rendah lemak dapat mengandung lebih dari 45 gram gula, yaitu sekitar 11 sendok teh. Ini melebihi batas konsumsi gula harian untuk pria dan wanita.

Baca juga: Bagaimana Pengganti Gula Berpengaruh pada Berat Badan?

Saat memilih yogurt, carilah yogurt yang mengandung sedikit gula tambahan. Selain itu, memilih yang tanpa buah dan menambahkan buah sendiri lebih memungkinkan mengontrol kandungan gula dan meningkatkan nilai gizinya.

2. Saus barbekyu (BBQ).

Saus barbekyu (BBQ) bisa menjadi bumbu atau saus yang lezat. Namun, 2 sendok makan (sekitar 28 gram) saus bisa mengandung sekitar 9 gram gula. Ini bernilai lebih dari 2 sendok teh.

Faktanya, sekitar 33 persen dari berat saus BBQ mungkin berupa gula murni. Untuk memastikan kifa tidak mendapatkan terlalu banyak gula, periksa labelnya dan pilih saus dengan jumlah tambahan gula paling sedikit.

3. Saus tomat

Saus tomat adalah salah satu bumbu paling populer di seluruh dunia, tetapi, seperti saus BBQ, saus ini juga sering kali mengandung gula.

Cobalah untuk memperhatikan ukuran porsi saat menggunakan saus tomat, dan ingatlah bahwa satu sendok makan saus tomat mengandung hampir 1 sendok teh gula.

Baca juga: Kenapa Gula Stevia Bernilai 0 Kalori?

4. Es teh

Es teh biasanya dimaniskan dengan gula atau dibumbui dengan sirup. Kebanyakan es teh yang dibuat secara komersial mengandung sekitar 35 gram gula per 340 mL porsi.

Jika suka minum teh, sebaiknyabpilih teh biasa atau pilih es teh yang tidak ditambahkan gula.

5. Sereal sarapan

Sereal adalah makanan sarapan yang populer, cepat, dan mudah. Namun, sereal ll bisa sangat memengaruhi konsumsi gula, apalagi jika mengonsumsinya setiap hari.

Beberapa sereal sarapan, bahkan yang dipasarkan untuk anak-anak, mengandung banyak gula tambahan. Beberapa prodyk mengandung 12 grambatau 3 sendok teh gula dalam porsi kecil 34 gra.

Periksa labelnya dan coba pilih sereal yang tinggi serat dan rendah gula tambahan. Lebih baik lagi, bangunlah beberapa menit lebih awal dan masak sarapan cepat sehat dengan makanan berprotein tinggi seperti telur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com