Teleskop James Webb Temukan Bintang Tertua di Alam Semesta

Kompas.com - 11/03/2024, 09:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Astronom berhasil menemukan keberadaan bintang genarasi pertama di alam semesta.

Temuan tersebut didapatkan setelah ilmuwan melakukan pengamatan menggunakan dua instrumen inframerah-dekat Teleskop luar angkasa James Webb (JWST), Kamera Inframerah Dekat (NIRCam) dan Spektrometer Inframerah Dekat (NIRSpec).

Baca juga: Seperti Apa Galaksi Baru JWST-ER1 yang Ditemukan Teleskop James Webb?

Bintang paling awal di alam semesta yang disebut Population III itu menurut mereka ditemukan di salah satu galaksi terjauh yang diketahui yakni GN-z11.

Galaksi GN-z11 ini terbentuk 430 juta tahun setelah Big Bang. Sebagai perbandingan alam semesta saat ini berumur 13,8 miliar tahun.

Temuan bintang tertua

Mengutip Live Science, Jumat (8/3/2024) para ilmuwan dapat menghitung usia sebuah bintang berdasarkan kelimpahan unsur-unsur beratnya, yang terbentuk dari bintang generasi sebelumnya dan akhirnya membentuk bintang baru.

Bintang termuda yang terbentuk selama lima atau enam miliar tahun terakhir disebut sebagai Population I dan memiliki kelimpahan unsur berat tertinggi. Matahari adalah bintang yang termasuk Population I.

Bintang yang lebih tua mengandung lebih sedikit unsur berat dan disebut bintang Population II, bintang-bintang ini tinggal di wilayah tertua galaksi Bima Sakti.

Namun sejauh ini bintang-bintang Population III hanya bersifat hipotesis.

Itu adalah bintang-bintang pertama yang terbentuk, dan karena tidak ada bintang lain yang muncul sebelum mereka, maka bintang Population III tidak mengandung unsur-unsur berat dan hanya terbuat dari hidrogen dan helium murni yang terbentuk selama Big Bang.

Bintang-bintang pertama ini juga dianggap sangat bercahaya, dengan massa setidaknya setara dengan beberapa ratus Matahari.