Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian besar hewan perlu kawin untuk bereproduksi. Namun, beberapa hewan dapat mempunyai keturunan tanpa kawin.

Proses tersebut, yang disebut parthenogenesis, memungkinkan makhluk hidup mengalami apa yang disebut “kelahiran perawan”.

Hewan-hewan yang melahirkan tanpa kawin

Berikut adalah beberapa hewan yang dapat memiliki keturunan tanpa perlu kawin.

1. Komodo

Para ilmuwan pertama kali menemukan bahwa komodo (Varanus komodoensis) bisa melahirkan tanpa kawin pada tahun 2006.

Saat itu, hanya ada dua ekor komodo yang hidup di Eropa. Salah satu komodo ini, seekor komodo betina di Kebun Binatang Chester, Inggris, bertelur sebanyak 25 butir, meski tidak pernah melakukan kontak dengan komodo jantan.

Baca juga: Benarkah Tupai Vampir Asal Kalimantan Suka Minum Darah Hewan?

2. Hiu

Penjaga Kebun Binatang dan Akuarium Henry Doorly, Omaha, terkejut ketika menemukan hiu remaja berukuran 16,5 cm di dalam tangki berisi tiga hiu bonnethead betina (Sphyrna tiburo).

Tak satu pun dari bonnethead betina itu yang pernah melakukan kontak dengan hiu jantan dari spesies tersebut di penangkaran, dan mereka tidak memiliki bekas luka kawin dari spesies lain di dalam akuarium.

Kelahiran spontan seperti ini pernah dijelaskan oleh kemampuan betina menyimpan sperma dalam jangka waktu lama setelah diambil dari alam liar.

Namun, bonnethead betina dikumpulkan dari alam liar tiga tahun sebelumnya dan jauh sebelum mencapai kematangan seksual, sehingga para ilmuwan mengesampingkan penjelasan ini. Kejadian ini secara genetis menegaskan, untuk pertama kalinya hiu mengalami partenogenesis.

3. Burung kondor California

Bahkan ketika ditempatkan bersama jantan, burung condor California betina (Gymnogyps californianus) memilih untuk bereproduksi sendiri.

Baca juga: Apakah Hewan Melakukan Praktik Adopsi?

Dengan harapan membantu populasinya meningkat kembali, para peneliti di Kebun Binatang San Diego menempatkan burung condor betina bersama seekor burung condor jantan yang subur.

Namun, ternyata, burung jantan itu tidak diperlukan. Ahli genetika yang menguji sampel DNA di laboratorium menemukan dua bayi condor jantan yang membawa dua salinan identik DNA dari induknya.

4. Ular buta

Ular buta brahmana (Ramphotyphlops braminus) adalah spesies lain yang diperkirakan hanya bereproduksi secara aseksual. Pasalnya, hanya individu betina dari spesies ini yang pernah ditemukan.

5. Tardigrades

Tardigrades adalah makhluk akuatik dan mikroskopis yang dikenal karena kemampuannya bertahan dalam kondisi ekstrem.

Hewan yang disebut beruang air ini bisa bereproduksi secara seksual dan aseksual. Namun, partenogenesis bagi tardigrades hanya umum terjadi di habitat danau dan darat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com