Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2023, 18:44 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Listrik dianggap sebagai sesuatu yang dibuat oleh manusia. Namun, pada kenyataannya, energi tersebut ada dalam diri kita secara biologis.

Belut listrik (Electrophorus electricus), yang berasal dari Sungai Amazon, adalah salah satu hewan yang bisa menghasilkan listrik.

Hewan air berukuran besar ini dapat mengeluarkan listrik yang cukup besar hingga membuat seekor kuda menggeliat kesakitan.

Hewan penghasil listrik sangat sedikit dan mayoritas adalah ikan. Berikut adalah beberapa hewan yang dapat menghasilkan listrik.

1. Ikan hantu hitam

Ikan hantu hitam (Apteronotus albifrons) mendiami air tawar di perairan tropis di Amerika Selatan, termasuk lembah Amazon.

Baca juga: Sengatan Belut Listrik Modifikasi Genetik Larva Ikan, Kok Bisa?

Ikan ini dinamakan demikian karena warnanya yang serba hitam kecuali warna putih di hidungnya dan dua cincin putih di ekornya.

Ikan ini tidak bersisik dan tumbuh hingga mencapai panjang maksimum sekitar 50 cm. Ikan pisau hantu hitam juga aktif di malam hari dan memiliki listrik yang lemah.

Ia memiliki organ listrik, dan reseptor elektro tersebar di seluruh tubuhnya. Oleh sebab itu, hewan ini termasuk di antara sedikit hewan yang dapat menghasilkan dan merasakan listrik.

Ikan ini menggunakan kemampuan elektrogenik dan penginderaan listriknya untuk menemukan larva serangga, makanan utamanya.

4. Ikan pari listrik

Pari listrik adalah ikan bertulang rawan yang termasuk dalam ordo Torpediniformes. Ada sekitar 69 spesies ikan pari ini.

Baca juga: Apakah Sengatan Belut Listrik Bisa Membunuh Manusia?

Ciri yang paling membedakan ikan ini adalah kemampuannya menghasilkan aliran listrik yang digunakan untuk menyetrum mangsanya atau sebagai mekanisme pertahanan. Pari tersebut mampu menghasilkan muatan listrik berkisar antara 8 hingga 220 volt.

3. Northern stargazer

Northern stargazer (Astroscopus guttatus) adalah ikan yang dapat ditemukan di pantai timur Amerika Serikat, antara New York dan North Carolina.

Northern stargazer mampu menghasilkan listrik karena adanya organ listrik di orbita. Sengatan listrik yang dihasilkan ikan digunakan untuk berburu mangsa dan mempertahankan diri.

4. Ikan lele listrik

Ikan lele elektrik merupakan ikan lele dari famili Malapteruridae yang memiliki dua genera dan 19 spesies. Banyak spesies dari keluarga ini yang mampu menghasilkan sengatan listrik hingga 350 volt.

Ikan lele listrik banyak ditemukan di daerah tropis Afrika dan Sungai Nil. Mereka aktif di malam hari dan merupakan hewan karnivora.

Baca juga: Bagaimana Cara Belut Listrik Menghasilkan Listrik?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com