Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. BRIN memiliki tugas menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Prehipertensi pada Remaja di Indonesia: Ancaman Bom di Masa Mendatang

Kompas.com - 25/12/2023, 12:33 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Prisca Petty Arfines

REMAJA merupakan masa transisi dari masa anak-anak ke fase dewasa, dengan rentang usia 10-18 tahun, yang ditandai dengan perubahan yang cepat secara fisik, kognitif dan dalam pertumbuhan psikososialnya (Permenkes RI no 25 tahun 2014).

Baca juga: Pentingnya Remaja Putri Minum Tablet Tambah Darah

Berdasarkan profil remaja dari UNICEF, pada tahun 2021 populasi remaja mencapai 45.844.000 jiwa atau 17 persen dari total penduduk.

Dengan situasi saat ini dimana dua per tiga penduduk Indonesia merupakan usia produktif, Indonesia diprediksi akan memasuki puncak bonus demografi pada tahun 2037.

Hal ini menekankan pentingnya kesehatan remaja untuk kelangsungan bangsa.

Secara umum, usia remaja ini sering dihubungkan dengan masa indahnya kondisi fisik tanpa adanya penyakit, namun justru kematian sering terjadi pada usia ini terkait dengan perilaku berisiko yang tidak sehat.

Dari profil remaja tahun 2021, penyebab kematian tertinggi pada usia remaja adalah kecelakaan lalu lintas, TBC, dan kekerasan interpersonal1. Secara kognitif, masa remaja juga mulai memasuki tahap untuk mengeksplorasi hal-hal baru karena rasa keingintahuan yang besar.

Apabila tidak diarahkan dengan baik, anak remaja memiliki risiko besar untuk mencoba hal-hal yang tidak sehat seperti merokok, NAPSA, diet tidak sehat, seks bebas serta berbagai perilaku kesehatan berisiko lainnya yang akan berakibat fatal pada usia setelahnya.

Berbagai masalah kesehatan telah mengintai kesehatan remaja masih sering luput dalam program intervensi kesehatan. Salah satunya adalah prehipertensi yaitu kondisi peralihan antara tekanan darah normal dan hipertensi.

Pada remaja, kondisi pre hipertensi ditunjukkan jika tekanan darah rerata sistolik atau diastolik lebih besar atau sama dengan persentil 90th tetapi lebih kecil dari persentil 95th menurut umur, jenis kelamin dan tinggi badannya atau jika berdasarkan pemeriksaan tekanan darah lebih besar atau sama dengan 120/80 mmHg.

Baca juga: Pentingnya Nutrisi Seimbang untuk Mengelola Diabetes pada Anak dan Remaja

Kondisi prehipertensi ini belum menjadi fokus kesehatan remaja karena jarangnya dilakukan pemeriksaan tekanan darah pada remaja. Padahal prehipertensi merupakan faktor risiko dari hipertensi pada usia setelahnya.

Sebuah review melibatkan 50 studi kohor dari seluruh dunia mendapati bahwa anak yang memiliki tekanan darah yang lebih tinggi diprediksi berisiko hipertensi pada kehidupan dewasanya.

Sedangkan hipertensi sendiri merupakan ranking pertama dari faktor risiko dari kematian dan disabilitas di dunia dan di Indonesia 5 berdasarkan data dari Global Burden of Diseases tahun 2019.

Sebuah studi yang terbit di BMJ Open pada tahun 2023 mendapati bahwa prevalensi remaja Indonesia yang mengalami hipertensi sebesar 2,6 persen dan 16,8 persen mengalami pre hipertensi6.

Hal ini menunjukkan 1 dari 5 remaja kita mengalami tekanan darah yang berada di atas normal yang berisiko berkembang menjadi hipertensi pada usia dewasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com