Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Kerja Minyak Zaitun Bersihkan Wajah?

Kompas.com - 23/12/2023, 12:34 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minyak zaitun merupakan bahan yang umum diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya dalam pembersihan kulit wajah.

Minyak zaitun lumrah dijumpai pada komposisi sabun atau produk pembersih wajah lainnya.

Baca juga: 5 Minyak Terbaik untuk Kesehatan, Salah Satunya Minyak Zaitun

Mengapa minyak zaitun bisa membersihkan kulit wajah, dan bagaimana cara kerjanya?

Mekanisme oil cleansing dengan minyak zaitun

Dilansir dari Healthline, Selasa (17/4/2018), minyak zaitun bisa membersihkan kulit wajah berdasarkan cara kerja pencucian kulit dengan minyak atau oil cleansing.

Prinsipnya adalah minyak pembersih dapat melarutkan zat yang berbentuk minyak pula atau kototran-kotoran yang tidak larut air. Ketika oil cleansing dilakukan, minyak wajah yang berlebih dan kotoran-kotoran tidak larut air bisa ikut hilang ketika minyak pencuci dibilas.

Hal ini terjadi ketika minyak zaitun dikenakan pada kulit wajah. Minyak zaitun dapat berikatan dengan partikel pengotor yang ada di kulit. Maka itu, minyak wajah dan pengotor yang tidak bisa hilang ketika dicuci dengan air dapat hilang saat minyak zaitun dilap dan dibilas.

Setelah oil cleansing dilakukan, pencucian dengan sabun dan air harus dilakukan guna membersihkan partikel kotoran yang tersisa, yakni pengotor yang tidak larut dalam minyak.

Minyak zaitun cocok untuk kulit kering

Mengutip laman Web MD, Minggu (23/7/2023), oil cleansing harus dilakukan menggunakan minyak nabati, salah satunya minyak zaitun. Hal ini disebabkan minyak nabati mengandung antibakteri, senyawa fenolik, trigliserida, fosfolipid, dan asam lemak bebas yang baik untuk kulit wajah.

Namun, pembersihan wajah dengan minyak zaitun tetap harus dilakukan dengan pertimbangan yang baik. Minyak zaitun kaya akan asam lemak oleat sehingga cocok digunakan pada kulit kering, sementara kurang tepat untuk digunakan pada kulit berminyak.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Zaitun yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

“Ketika kita berbicara tentang gangguan akibat produksi minyak berlebih seperti jerawat, minyak zaitun bisa jadi salah satu produk buruk untuk digunakan pada kulit Anda karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat yang lebih parah,” kata dr. Neda Mehr dalam laman Real Simple, Rabu (15/3/2023).

Kendati demikian, minyak zaitun memiliki manfaat lain sebagai pelembab. Hal ini menjadi alasan minyak zaitun mungkin saja ada dalam komposisi sabun atau produk pembersih wajah lainnya yang tetap dapat digunakan untuk kulit wajah berminyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com