Katak Bertaring Terkecil di Dunia Ditemukan di Pulau Sulawesi

Kompas.com - 22/12/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Perbukitan vulkanik yang subur di Sulawesi, Indonesia, adalah rumah bagi beberapa spesies katak bertaring dengan kebiasaan reproduksi yang tidak biasa.

Salah satunya adalan Limnonectes larvapartus, yang merupakan satu-satunya spesies katak di dunia yang diketahui melahirkan berudu hidup.

Kini, spesies katak bertaring lainnya, Limnonectes phyllofolia, baru ditemukan di Sulawesi. Katak ini merupakan amfibi petelur tradisional.

Penemuan katak bertaring terkecil di dunia

Sebuah tim ahli herpetologi dari Amerika Serikat dan Indonesia melakukan pendakian melalui hutan hujan ketika mereka menemukan dedaunan dan batu-batu besar berlumut yang berada beberapa meter dari tanah yang menampung telur-telur katak hitam seperti kaca.

Baca juga: Oreophryne riyantoi, Katak Spesies Baru Endemik Sulawesi

Hal ini segera menarik perhatian para peneliti karena telur katak hampir selalu diletakkan di dalam air untuk mencegah lapisan jelinya mengering.

Segera setelah itu, para peneliti melihat katak coklat berbintik-bintik seukuran koin yang melindungi sarang mereka.

Menurut Jeff Frederick, ahli ekologi satwa liar di Field Museum di Chicago, saat peneliti mencari katak, biasanya, yang dilakukan adalah memindai pinggiran sungai atau mengarungi aliran sungai untuk menemukannya langsung di dalam air.

Katak ini melapisi telurnya dengan senyawa yang menjaganya tetap lembab dan bebas bakteri dan jamur.

Anehnya, semua katak yang mengerami telur itu adalah katak jantan. Frederick mengatakan, perilaku jantan menjaga telur tidak dilakukan semua katak, dan hal ini jarang terjadi.