Studi Buktikan Bakteri di Usus Pengaruhi Kesehatan Mental

Kompas.com - 08/12/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Kesehatan mental seseorang ternyata memiliki hubungan signifikan dengan bakteri yang hidup di perut kita.

Peneliti dari fakultas kedokteran Universitas Virginia (UVA) telah menemukan bagaimana Lactobacillus, bakteri yang juga bisa ditemukan dalam makanan fermentasi dan yogurt dapat membantu tubuh mengelola stres dan mencegah depresi serta kecemasan.

Baca juga: Apakah Usus yang Sehat Bisa Memengaruhi Kesehatan Kulit?

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Brain, Behaviour, and Immunity ini pun memberi wawasan akan terapi baru untuk mengatasi kecemasan, depresi, dan kondisi mental lainnya.

Mikroorganisme di usus

Mengutip Medicalxpress, Rabu (29/11/2023) usus secara alami adalah rumah bagi bakteri, jamur, dan virus yang tidak terhitung jumlahnya.

Ada lebih banyak mikroorganisme yang hidup di dalamnya daripada jumlah sel di tubuh manusia.

Hal itu mungkin terdengar menjijikan bahkan mengkhawatirkan, namun para ilmuwan mengatakan organsime kecil itu dan interaksinya sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh, kesehatan mental, dan aspek kesejahteraan lainnya.

Gangguna mikrobiota (organisme yang hidup di usus secara kolektif) baik karena penyakit, pola makan yang buruk atau sebab lainnya, diketahui berkontribusi terhadap banyak penyakit dan bahkan membantu penyebaran kanker.

Jadi mencoba memahami fungsi bakteri atau jamur tertentu bisa menjadi salah satu solusi memerangi penyakit.

Peneliti dari UVA, Alban Gaultier dan timnya kemudian mengambil pendekatan inovatif untuk fokus mempelajari Lactobacillus.

Penelitian sebelumnya di laboratorium menunjukkan bahwa bakteri tersebut dapat membantu mengatasi depresi pada tikus percobaan. Namun peneliti perlu memahami caranya.