Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Solusi Saat Tak Sengaja Menelan Duri Ikan

Kompas.com - 30/11/2023, 12:35 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tertelan duri ikan adalah hal yang terkadang terjadi ketika orang mengonsumsi ikan.

Duri ikan bisa tersangkut di kerongkongan sehingga membuat rasa sakit dan tidak nyaman.

Baca juga: Mengapa Ikan Tidak Memiliki Leher?

Sebagian orang biasanya akan menelan beberapa suap nasi setelah tertelan duri ikan.

Namun, apakah ini benar menjadi solusinya, dan adakah cara lain yang lebih efektif dan aman untuk menghilangkan rasa tidak nyaman setelah tertelan duri ikan?

Konsumsi beberapa jenis makanan atau minuman

Dilansir dari Healthline, Senin (31/7/2023), ada sejumlah makanan atau minuman yang dapat dikonsumsi untuk menghilangkan duri ikan yang tertelan dan tersangkut di kerongkongan. Beberapa di antaranya ialah

  1. Makanan yang Lembut seperti nasi, pisang, marshmallow ataupun roti yang basah terkadang bisa membantu secara efektif. Sifat lengketnya bisa membantu membawa duri ikan turun ke dalam perut.
  2. Minyak zaitun merupakan pelumas alami, dapat melapisi tenggorokan dan tulang, sehingga membuatnya lebih mudah ditelan atau dikeluarkan dengan batuk.
  3. Minuman bersoda, termasuk cola dan minuman berkarbonasi lainnya, telah digunakan untuk mengobati makanan yang tersangkut di tenggorokan. Gas yang dilepaskan oleh minuman bersoda dalam lambung membantu mengurai tulang dan membangun tekanan, yang dapat membantu melonggarkan tulang.

Menunggu duri ikan turun sendirinya

Jika mengonsumsi opsi-opsi di atas tidak memberikan hasil, Anda bisa bersabar dan memantau rasa tidak nyaman tersebut. Kadang-kadang memberikan waktu mungkin merupakan langkah yang bijaksana jika pernapasan Anda tidak terpengaruh.

Baca juga: Bolehkah Makan Es Krim Saat Sakit Tenggorokan?

Sebuah studi pada tahun 2017 dalam Egyptian Journal of Ear, Nose, Throat and Allied Sciences, peneliti menemukan bahwa tidak ada duri ikan yang tersangkut di kerongkongan pada 80 orang dari 330 orang yang melaporkan kasus tertelan duri ikan.

Kendati demikian, pastikan kerongkongan Anda bersih sebelum tidur, dan jika Anda mengalami kesulitan bernapas, segera cari pertolongan medis.

Mencari pertolongan medis

Dikutip dari Medical News Today, Senin (21/10/2019), jika Anda merasa duri ikan tetap tersangkut di kerongkongan, hal ini dapat menyebabkan masalah serius seperti robeknya kerongkongan.

Segera cari bantuan medis jika Anda mengalami nyeri dada, pembengkakan atau memar, kesulitan makan atau minum, ataupun keluar ingus.

Dokter dapat dengan cepat menghilangkan duri tersebut.

Hal serupa juga disampaikan dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dalam seminar "Mewaspadai Anak Menelan Benda Asing", Kamis (9/11/2023), penanganan medis dapat segera dilakukan apabila duri ikan tertelan.

Hal ini dapat mencegah duri ikan tertancap lebih dalam di kerongkongan sehingga menyebabkan cedera lainnya yang lebih parah.

Selain itu, duri ikan yang tersangkut dapat lebih mudah dikeluarkan melalui tindakan medis, termasuk pengambilan sederhana apabila duri ikan masih berada di faring atau rongga.

Baca juga: Bagaimana Pertolongan pada Anak yang Menelan Benda Asing? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com