Masih Adakah Kehidupan Laut Dalam yang Belum Pernah Ditemukan?

Kompas.com - 26/11/2023, 20:00 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Apakah ada kehidupan di dalam laut yang belum ditemukan? - Haven W., usia 12 tahun, McKinney, Texas

Oleh: Suzanne OConnell

BAYANGKAN jika kamu pergi ke suatu tempat di Bumi yang belum pernah dikunjungi oleh siapa pun. Ada banyak lokasi seperti itu di lautan, yang meliputi lebih dari 70 persen planet kita.

Di lautan, makhluk hidup di berbagai kedalaman yang berbeda, seperti halnya hewan dan burung yang hidup di ketinggian yang berbeda di hutan.

Baca juga: Mengapa Ikan di Laut Dalam Terlihat seperti Alien?

Setiap bentuk kehidupan laut harus menemukan cara untuk mengumpulkan makanan, bereproduksi, dan berkontribusi pada komunitas ekologi.

Di banyak area, lautan memiliki kedalaman ribuan meter di banyak area dan menawarkan jutaan kesempatan bagi kehidupan untuk berkembang. Para ahli biologi tidak mengetahui berapa banyak spesies yang hidup di lautan, tapi mereka memperkirakan kurang dari 10 persen yang telah dideskripsikan.

Penghasil asap hitam dan putih

Lima puluh tahun yang lalu, tidak ada yang membayangkan bahwa seluruh komunitas biologis tumbuh subur dalam kegelapan yang ekstrem di bawah tekanan yang sangat kuat dari laut dalam.

Kemudian mereka menemukannya, di titik-titik yang disebut ventilasi hidrotermal - pertama dengan kamera bawah air dan termometer, kemudian dengan mengirimkan manusia ke bawah dengan menggunakan Alvin, kendaraan bawah air.

Para peneliti menemukan titik-titik di mana air panas menyembur ke atas melalui celah-celah di dasar laut, seperti geyser di darat.

Beberapa airnya panasnya mencapai 750 derajat Fahrenheit (400 derajat Celcius) - lebih dari dua kali lebih panas dari oven saat kamu memanggang kue. Air itu pun penuh dengan mineral terlarut.

Ketika air panas tumpah ke dasar laut, di mana air di sekitarnya jauh lebih dingin–sekitar 2 derajat C–air panas akan cepat mendingin.