Bakteri Punya Ingatan yang Diwariskan dari Generasi ke Generasi

Kompas.com - 24/11/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Bakteri adalah mikroba dengan struktur sel yang lebih sederhana dibandingkan dengan banyak organisme lainnya.

Pusat kendali bakteri, yang berisi informasi genetik, terkandung dalam satu putaran DNA. Beberapa bakteri memiliki lingkaran materi genetik tambahan yang disebut plasmid, yang sering kali mengandung gen yang memberikan keunggulan bagi bakteri.

Meski organisme bersel tunggal ini tidak memiliki otak atau sistem saraf, studi baru melaporkan, bakteri dapat membentuk ingatan dan mewariskan ingatan tersebut kepada generasi mendatang.

Bakteri yang ada di mana-mana, Escherichia coli, adalah salah satu bentuk kehidupan yang sudah banyak dipelajari, namun para ilmuwan masih menemukan cara bakteri ini dapat bertahan dan menyebar.

Para peneliti di Universitas Texas dan Universitas Delaware kini telah menemukan sistem memori potensial yang memungkinkan E. coli 'mengingat' pengalaman masa lalu selama beberapa jam dan generasi setelahnya.