Bumi Lebih Menarik bagi Alien Saat Zaman Dinosaurus, Kenapa Begitu?

Kompas.com - 14/11/2023, 12:37 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Mari berandai-andai, jika memang ada kehidupan lain di alam semesta, apakah alien juga akan mencari keberadaan Bumi, seperti halnya kita.

Kemungkinan itu bisa saja terjadi. Namun sebuah studi baru menunjukkan bahwa alien akan lebih mudah mendeteksi Bumi saat zaman dinosaurus dibandingkan saat ini.

Baca juga: Kapan Manusia Pertama Kali Berpikir tentang Alien?

Mengapa demikian?

Mendeteksi Bumi

Kesimpulan tersebut didapat setelah ahli astrobiologi Rebecca Payne dan astronom Lisa Kaltenegger dari Cornell University memodelkan 540 juta tahun terakhir sejarah Bumi.

Mengutip Science Alert, Sabtu (11/11/2023) dalam pemodelan itu, mereka melihat bagaimana berbagai biomarker yang digunakan untuk mendeteksi tanda-tanda kehidupan dalam jarak yang sangat jauh mungkin telah berubah.

Peneliti menemukan dua pasang biomarker yaitu oksigen dan metana, serta ozon dan metana jauh lebih lebih kuat dan dapat dideteksi sekitar 100 hingga 300 juta tahun yang lalu dibandingkan saat ini.

Hal ini terutama disebabkan oleh menjamurnya tanaman hijau yang menghasilkan tingkat oksigen yang jauh lebih tinggi ke atmosfer pada saat itu.

Artinya, teleskop alien bisa saja melihat planet kita jauh lebih mudah selama era Jurassic dibandingkan sekarang.