Kompas.com - 07/11/2023, 18:00 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Susu adalah bahan pangan yang berasal dari hewan dan kaya akan zat gizi. Susu bisa dimanfaatkan dalam berbagai bentuk, seperti minuman susu, keju, mentega, yogurt, dan lain sebagainya.

Namun, seperti bahan pangan lainnya, susu bisa basi dan tidak layak konsumsi.

Baca juga: Apakah Susu Bisa Menyebabkan Jerawat?

Ciri-ciri susu basi biasanya mengeluarkan aroma tidak sedap, cairan susu tidak utuh atau sudah berubah warna dan tekstur.

Susu basi biasanya diakibatkan oleh keberadaan mikroba dalam susu. Apa yang dilakukan bakteri sehingga membuat susu basi?

Mikroba membusukkan susu dalam 4 tahap

Susu mentah mengandung berbagai zat gizi sekaligus beragam mikroba. Mikroba ini bermetabolisme dan menghasilkan zat-zat yang bisa memecah protein dan membusukkan susu.

Dikutip dari Joanne M. Willey dalam Prescott’s Principles of Microbiology (2009), susu mentah akan basi dalam 4 tahapan, yakni

1. Produksi asam laktat oleh bakteri Lactococcus lactis subsp. lactis
  2. Produksi asam tambahan yang terkait dengan pertumbuhan organisme yang lebih tahan pada lingkungan asam seperti Lactobacillus.
  3. Selanjutnya, susu akan melewati titik ketika jumlah ragi dan kapang (jamur) lebih dominan dan menurunkan akumulasi asam laktat sehingga keasaman susu turun secara bertahap.
  4. Akhirnya bakteri proteinase atau pencerna protein menjadi aktif. Protein dalam susu akan dipecah, lalu bau busuk dan rasa pahit dihasilkan. Susu yang awalnya berwarna putih dan buram, akhirnya berubah menjadi bening.

Selain itu, Nivedita Datta dalam jurnal LWT - Food Science and Technology (2003) menjelaskan susu basi juga bisa membentuk gel dan mengental karena metabolisme bakteri proteinase ini.