Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghentikan Kebiasaan Minum Soda yang Berlebihan

Kompas.com - 03/11/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, soda tidak baik bagi kesehatan, terutama karena kandungan gulanya.

Terlalu banyak gula dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut CDC, mengonsumsi banyak minuman manis dengan gula tambahan dapat menyebabkan penambahan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung penyakit ginjal, danbpenyakit hati non-alkohol.

Selainnya itu, soda tidak membuat kita merasa kenyang. Beberapa orang mungkin tetap makan besar meski sudah mengonsumsi minuman berkalori tinggi.

Bagaimana cara berhenti minum soda yang berlebihan

Meskipun sulit untuk berhenti minum soda, ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengurangi konsumsi soda dan memulihkan kesehatan.

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu menghentikan kebiasaan minum soda yang berlebihan.

Baca juga: Apa Efek Minum Soda bagi Kesehatan Gigi?

1. Minum lebih banyak air

Jika merasa ingin minum soda, cobalah minum segelas besar air putih terlebih dahulu dan tunggu beberapa menit. Mungkin saja keinginan tersebut mereda setelah menghilangkan dahaga.

2. Hindari merasa lapar

Rasa lapar adalah pendorong utama untuk mengonsumsi sesuatu di antara jam makan, termasuk keinginan untuk minum soda.

Oleh sebab itu, memastikan perut tidak merasa lapar dapat membantu kita melawan keinginan minum soda.

Untuk mencegah rasa lapar, pastikan untuk makan secara teratur sepanjang hari dan sediakan camilan sehat jika merasa lapar.

3. Pilihlah camilan manis yang sehat

Mengidam makanan manis adalah hal yang sangat umum.Dalam beberapa kasus, keinginan untuk minum soda dapat diatasi dengan menggantinya dengan makanan manis yang lebih sehat.

Baca juga: Kenapa Air Soda Mendesis dan Bergelembung?

Beberapa camilan manis sehat yang bisa dipilih sebagai pengganti soda meliputi buah-buahan atau yogurt dengan beberapa potong kecil buah.

Namun, hindari mengganti soda dengan jus buah. Meskipun jus buah mengandung lebih banyak nutrisi daripada soda, namun kandungan gulanya juga sangat tinggi.

4. Cobalah untuk mengelola stres

Seringkali, stres dapat menyebabkan keinginan untuk makan. Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang mengalami stres cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori.

Ada banyak cara untuk membantu mengelola stres, termasuk olahraga teratur, meditasi, berlatih yoga, berlatih pernapasan dalam, dan mindfulness.

5. Cobalah alternatif soda

Terkadang, cara termudah untuk mengekang keinginan adalah dengan menggantinya dengan sesuatu yang serupa.

 Baca juga: Studi Temukan Soda Diet Justru Merangsang Nafsu Makan, Kok Bisa?

Meskipun memilih soda diet dapat membantu mengurangi kalori, ada banyak pilihan sehat yang dapat memberi sensasi menyegarkan, seperti kombucha, teh buah, atau air kelapa muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com