Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Menarik Greenland, Pulau Terbesar di Dunia

Kompas.com - 20/10/2023, 08:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Greenland adalah salah satu tempat terbesar di dunia, namun sangat sedikit yang diketahui dunia luar mengenai wilayah ini.

Ada beberapa fakta menarik Greenland, yang tak hanya gletser dan es. Akan tetapi, tempat ini memiliki budaya dan sejarah yang menarik.

Fakta menarik Greenland

Itu baru beberapa saja, masih ada hal menarik lainnya mengenai Greenland, apa saja berikut di antaranya dikutip dari berbagai sumber.

  • Pulau terbesar di dunia

Dikutip dari Visit Greenland, Rabu (19/10/2023) wilayah Greenland sebenarnya adalah pulau terbesar di dunia yang bukan merupakan benua.

Baca juga: 3,5 Triliun Ton Es Greenland Mencair, Penduduk Dunia Terancam Risiko Banjir Global

Luas total Greenland adalah 2,16 juta Km persegi, termasuk pulau-pulau lepas pantai lainnya. Fakta menarik dari kawasan di jantung Arktik ini adalah hampir 80 persen daratannya ditutupi oleh lapisan es.

Penelitian ilmiah terbaru menunjukkan bahwa lapisan es tersebut mungkin berusia lebih dari 400.000 tahun.

  • Greenland adalah negara Otonom

Fakta menarik lainnya dari Greenland adalah negara otonom di Kerajaan Denmark. Meskipun Greenland secara geografis merupakan bagian dari benua Amerika Utara, namun secara politik dan budaya telah dikaitkan dengan Eropa selama sekitar satu milenium.

Sejak tahun 1721, Denmark telah menguasai koloni di Greenland, namun negara tersebut dijadikan bagian dari Denmark pada tahun 1953.

  • Populasi kecil

Fakta menarik Greenland adalah terkait populasi penduduknya. Dikutip dari Forbes, Meski hampir sebagian besar wilayahnya berupa es, ternyata masih ada orang yang tinggal di Greenland.

Kendati demikian, populasinya hanya sekitar 56.000 jiwa (tahun 2017), menjadikannya sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk paling sedikit di dunia.

Baca juga: Pertama Kali, Hujan Turun di Puncak Lapisan Es Greenland

 

 

Hampir 90 persen dari mereka adalah Inuit, yang nenek moyangnya diyakini berasal dari Siberia bagian timur dan melakukan perjalanan ke Greenland melalui Kanada pada abad ke-13.

  • Tidak ada jalan di Greenland

Meski memiliki luas lahan 2,16 juta kilometer persegi, namun belum ada jalan raya atau sistem kereta api yang menghubungkan pemukiman satu sama lain.

Ada jalan di dalam kota, tapi berakhir di pinggiran kota. Semua perjalanan antar kota dilakukan dengan pesawat, perahu, helikopter, mobil salju, atau kereta luncur anjing. Perahu sejauh ini merupakan moda transportasi paling populer.

Baca juga: Rekor Baru, Greenland Kehilangan 586 Miliar Ton Lapisan Es Tahun Ini

  • Matahari Tengah Malam

Setiap tahun, matahari tidak terbenam dari tanggal 25 Mei hingga 25 Juli, dan tetap terlihat sepanjang siang dan malam. Matahari tengah malam, demikian sebutannya.

  • Punya budaya yang unik

Meskipun memiliki ikatan yang kuat dengan Denmark, budaya Greenland sangat berbeda dengan Skandinavia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com