Ilmuwan Hanya Temukan 1 Persen Bahan Kimia di Alam Semesta

Kompas.com - 19/10/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Alam semesta dipenuhi dengan miliaran bahan kimia. Namun, para ilmuwan baru mengidentifikasi 1persen di antaranya.

Ilmuwan yakin bahwa senyawa kimia yang belum ditemukan dapat membantu menghilangkan gas rumah kaca atau memicu terobosan medis, seperti yang dilakukan penisilin.

Meski demikian, bukan berat bahwa ilmuwan tidak lagi penasaran dan menghentikan pencarian bahan kimia yang baru.

Sejak ahli kimia asal Rusia, Dmitri Mendeleev, menemukan tabel periodik unsur pada tahun 1869, para ilmuwan telah menemukan bahan kimia yang membantu mendefinisikan dunia modern.

Namun, untuk memahami keseluruhan ilmu kimia, perlu juga memahami senyawa kimia. Beberapa senyawa terbentuk secara alami, seperti air yang terbuat dari hidrogen dan oksigen.

Baca juga: Apa Itu Uranium, Zat Kimia yang Meledak di Pabrik Nuklir Rusia?

Unsur tersusun dari satu jenis atom dan atom tersusun dari partikel yang lebih kecil lagi, termasuk elektron dan proton. Semua senyawa kimia terbuat dari dua atom atau lebih.

Meskipun mungkin masih ada elemen yang belum ditemukan, kecil kemungkinannya untuk menemukan senyawa itu.

Lantas, berapa banyak senyawa kimia yang dapat dibuat dengan 118 jenis elemen yang dikenal saat ini?

Kita bisa mulai dengan membuat semua senyawa dua atom. Ada banyak di antaranya, seperti N2 (nitrogen) dan O2 (oksigen) yang bersama-sama membentuk 99 persen udara.

Mungkin diperlukan waktu sekitar satu tahun bagi seorang ahli kimia untuk membuat satu senyawa dan secara teori terdapat 6.903 senyawa dua atom.