Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Jumlah Hewan yang Pernah Hidup di Bumi?

Kompas.com - 12/10/2023, 11:00 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Di bumi, ada sekitar 8 miliar manusia yang hidup berdampingan dengan hewan

Sementara itu, menurut data International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), pada tahun 2022, ada sekitar 2,16 juta spesies hewan di muka bumi.

Jumlah hewan di bumi menunjukkan biodiversitas yang ada di bumi. Dikutip dari National Geographic, Jumat (20/5/2022), biodiversitas atau keanekaragaman hayati mengalami perubahan setiap waktu.

Hal ini membuat perhitungan jumlah hewan yang pernah ada cukup rumit, tapi tetap menarik untuk dibahas.

Baca juga: Apakah Ada Hewan yang Lebih Menakutkan dari Singa?

Jumlah spesies hewan di Bumi

Dilansir dari Live Science, Minggu (8/10/2023), David Jablonsky, seorang peneliti geofisika dari University of Chicago, Amerika Serikat, mengatakan perhitungan ini dapat dimulai dengan melihat jumlah spesies hewan yang ada di bumi saat ini.

Menurutnya, 20 persen dari data IUCN merupakan jumlah spesies hewan yang terduplikasi akibat adanya dokumentasi hewan yang sama oleh lebih dari satu ilmuwan. Apabila estimasi tersebut mendekati akurat, jumlah spesies hewan di muka bumi saat ini berkisar 1,7 juta.

Namun, perubahan jumlah spesies hewan yang berubah setiap waktu bisa mencapai 14 sampai 18 ribu spesies baru per tahun.

Pada tahun 2011, Camilo Mora, biografer dari University of Hawaii, meneliti dan menemukan jumlah eukaryotik yang berjenis hewan di muka bumi berjumlah sekitar 7,7 juta spesies.

Untuk menarik waktu ke belakang, jejak fosil digunakan dalam identifikasi spesies hewan. Berdasarkan penemuan fosil sejauh ini, hewan diperkirakan mulai ada di bumi sejak 800 juta tahun yang lalu.

Meskipun demikian, tentu sebagian besar spesies hewan yang pernah hidup tidak dapat ditemukan dalam bentuk fosil.

Baca juga: Apa Hewan yang Terbang Paling Cepat?

 

 

Jablonski juga mengatakan, standar estimasi kasarnya adalah 99,9 persen spesies yang pernah hidup sudah punah.

Saat Mora dihubungi tim Live Science, ia mengatakan, apabila standar estimasi itu benar, maka jumlah tersebut, yakni hampir 100 persen perlu dikalikan dengan 7,7 juta, sehingga diperoleh hampir 770 juta spesies hewan pernah ada di muka bumi.

Lantas, bagaimana dengan jumlah individu hewan setiap spesies?

Jumlah individu hewan yang pernah hidup di Bumi

Jumlah individu hewan yang diestimasikan sangatlah banyak.

Saat ini, sebanyak 8 miliar manusia hidup berdampingan dengan sekitar 130 miliar mamalia lain, 428 miliar burung, 3,5 miliar ikan, dan sekitar 10 juta triliun serangga.

Apabila jumlah hewan saat ini diasumsikan relatif stabil selama kehidupan di bumi ada, maka ekstrapolasi dapat dilakukan terhadap 7,7 juta spesies hewan yang ada.

Jika dari 7,7 juta spesies hewan itu, sebanyak 3,85 juta spesiesnya adalah termasuk serangga, maka jumlah itu setara dengan 385 juta spesies di masa lalu. 

Baca juga: Apakah Hewan yang Umurnya Paling Pendek? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com