Kompas.com - 05/09/2023, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Pernahkah mencermati hewan-hewan di sekitar memiliki tubuh yang dihiasi dengan beragam warna, mulai dari merah, kuning, bahkan hijau neon.

Pertanyaannya adalah mengapa mereka punya begitu banyak warna yang beragam dan bagaimana hewan tersebut menghasilkan warna tersebut?

Keberagaman warna pada hewan

Ada alasan di balik warna-warna pada tubuh para hewan-hewan ini.

Dikutip dari Live Science, Selasa (5/9/2023) penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2022 menunjukkan, semua spesies vertebrata darat berwarna cerah secara umum terbagi menjadi dua kelompok.

Baca juga: Mengapa Hewan Memiliki Ekor sedangkan Manusia Tidak?

Pada hewan nokturnal (aktif di malam hari), warna dapat menyampaikan kepada predator bahwa mereka beracun dan bukan pilihan mangsa yang baik.

Sementara itu, penelitian menemukan hewan aktif di siang hari seperti burung biasanya menggunakan warna sebagai cara untuk menarik pasangan.

"Kemungkinan besar, sinyal seksual harus berevolusi pada spesies yang dapat melihat warna-warna tersebut," kata John J. Wiens, profesor ekologi dan biologi evolusi di Universitas Arizona.

Pentingnya warna dalam ritual kawin mungkin menjelaskan mengapa begitu banyak spesies burung menampilkan bulu-bulu yang menakjubkan.

Misalnya saja burung cendrawasih Wilson (Cicinnurus respublica), yang memiliki warna merah, biru, dan kuning yang cukup cemerlang untuk terlihat bahkan di lantai hutan yang redup.

Saat mendapat perhatian betina, burung jantan kemudian akan menunjukkan bulu-bulu indahnya tersebut.