Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2023, 20:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah mencermati hewan-hewan di sekitar memiliki tubuh yang dihiasi dengan beragam warna, mulai dari merah, kuning, bahkan hijau neon.

Pertanyaannya adalah mengapa mereka punya begitu banyak warna yang beragam dan bagaimana hewan tersebut menghasilkan warna tersebut?

Keberagaman warna pada hewan

Ada alasan di balik warna-warna pada tubuh para hewan-hewan ini.

Dikutip dari Live Science, Selasa (5/9/2023) penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2022 menunjukkan, semua spesies vertebrata darat berwarna cerah secara umum terbagi menjadi dua kelompok.

Baca juga: Mengapa Hewan Memiliki Ekor sedangkan Manusia Tidak?

Pada hewan nokturnal (aktif di malam hari), warna dapat menyampaikan kepada predator bahwa mereka beracun dan bukan pilihan mangsa yang baik.

Sementara itu, penelitian menemukan hewan aktif di siang hari seperti burung biasanya menggunakan warna sebagai cara untuk menarik pasangan.

"Kemungkinan besar, sinyal seksual harus berevolusi pada spesies yang dapat melihat warna-warna tersebut," kata John J. Wiens, profesor ekologi dan biologi evolusi di Universitas Arizona.

Pentingnya warna dalam ritual kawin mungkin menjelaskan mengapa begitu banyak spesies burung menampilkan bulu-bulu yang menakjubkan.

Misalnya saja burung cendrawasih Wilson (Cicinnurus respublica), yang memiliki warna merah, biru, dan kuning yang cukup cemerlang untuk terlihat bahkan di lantai hutan yang redup.

Saat mendapat perhatian betina, burung jantan kemudian akan menunjukkan bulu-bulu indahnya tersebut.

Baca juga: Mengapa Hewan-hewan Periode Kambrium Terlihat Sangat Aneh?

Keberagaman hewan

Banyaknya warna pada hewan mungkin juga karena didorong oleh keberagaman spesies.

"Satu hal yang digunakan oleh warna adalah untuk membedakan satu spesies dari spesies lainnya," kata Vinod Saranathan, profesor ilmu biologi di School of Interwoven Arts and Sciences di Universitas Krea, India.

Ini mungkin menjelaskan mengapa ada ledakan warna pada keluarga serangga yang merupakan spesies paling banyak di Bumi.

Keberagaman warna hewan ini kemungkinan besar tercipta melalui dua cara, baik melalui pigmen atau struktur nano, serta terkadang kombinasi keduanya.

Baca juga: Mengapa Hewan Bertubuh Besar Bergerak Lamban?

Molekul pigmen menyerap cahaya dari beberapa panjang gelombang, dan memancarkan sisa panjang gelombang untuk menghasilkan warna tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com