Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat cuaca panas, kita akan mengeluarkan keringat sebagai cara untuk mendinginkan tubuh. Namun bagaimana dengan dunia hewan, apakah mereka juga bisa melakukan hal yang sama layaknya manusia?

Di kerajaan hewan, hewan berdarah dingin seperti reptil, ikan, amfibi, tidak dapat mengatur suhu tubuhnya sesuai dengan lingkungannya, sehingga suhunya berfluktuasi sesuai dengan suhu sekitarnya.

Misalnya, saat cuaca sangat panas, reptil akan bermalas-malasan di bawah naungan batu untuk mendinginkan diri. Sementara saat cuaca dingin, mereka mungkin akan keluar untuk berjemur berjam-jam.

Di sisi lain, hewan berdarah panas atau hewan homeotermik, seperti burung dan mamalia, menjaga suhu inti mereka tetap stabil, apa pun cuacanya. Namun teknik yang digunakan setiap spesies untuk mengatur suhu ini merupakan hal yang unik.

Hewan yang berkeringat

Dikutip dari Science ABC, Rabu (30/8/2023) primata seperti kera, monyet, dan manusia adalah satu-satunya anggota kerajaan hewan yang mengeluarkan banyak keringat saat cuaca panas.

Berkeringat adalah metode dimana tubuh mengatur suhu internalnya dan dikenal sebagai termoregulasi.

Baca juga: Apakah Semua Hewan Bisa Bermimpi?

Kelenjar keringat mengeluarkan zat encer melalui pori-pori kulit kita. Butir-butir keringat ini segera menguap dari kulit, membawa serta panasnya. Kelenjar keringat ada dua jenis, yaitu ekrin dan apokrin. 

Hewan lain yang mengeluarkan keringat adalah kuda. Namun kita tidak bisa menyebutnya 'berkeringat' secara tepat karena sekresi yang mereka hasilkan sangat berbeda dengan keringat encer yang kita kenal.

Hewan seperti kuda menghasilkan banyak keringat untuk menghilangkan panas yang dihasilkan selama berlari.

Kuda memiliki kelenjar keringat apokrin tetapi sekresinya mengandung protein latherin yang merupakan deterjen alami.

Latherin kemungkinan berfungsi membantu distribusi air ke seluruh bulu untuk memudahkan penguapan yang berbentuk seperti busa.

Hewan yang tidak berkeringat

Ternyata tidak semua hewan berkeringat. Hewan seperti babi dan kuda nil tidak memiliki kelenjar keringat.

Baca juga: Apakah Semua Hewan Mengalami Masa Remaja Seperti Manusia?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com