Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Studi membuktikan bahwa ternyata hewan juga bermimpi saat tidur. Mereka bermimpi seperti manusia, hanya saja dengan perilaku yang berbeda.

Lantas, apakah semua jenis hewan bisa bermimpi saat tidur?

Beberapa dari Anda mungkin pernah mencermati saat anjing atau kucing sedang tidur. Mereka terkadang bersuara atau menggerakkan kakinya.

Filsuf terkenal Yunani, Aristoteles, pernah melontarkan komentar tentang perilaku hewan saat tidur dan menyebut anjing menunjukkan mimpinya dengan menggonggong saat tidur.

Mempelajari mimpi hewan

Dikutip dari Science ABC, Senin (28/8/2023) mimpi seringkali terlihat jelas, kaya, dan mendetail. Hal itu dapat mencakup peristiwa masa lalu dan juga membayangkan hal-hal yang belum terjadi atau bahkan secara fisik tidak mungkin terjadi.

Mimpi umum terjadi pada manusia. Akan tetapi, ternyata manusia bukanlah satu-satunya spesies yang mengalami tidur REM, sehingga kemampuan untuk bermimpi tidak hanya dimiliki oleh manusia, tetapi juga dialami hewan.

Mirip dengan manusia, banyak hewan besar memiliki otak dan neuron yang kompleks, sel yang membantu perjalanan informasi melalui otak dan sistem saraf dengan menghasilkan sinyal listrik. Aktivitas listrik ini terus berlanjut bahkan saat kita tidur.

Baca juga: Apakah Semua Hewan Mengalami Masa Remaja Seperti Manusia?

Jadi untuk mempelajari apakah hewan bermimpi, ahli akan memantau perubahan pola kelistrikan otak. 

Mesin yang disebut EEG (electroencephalogram) dapat mendeteksi sinyal listrik kecil di otak. Lalu pola pergerakan fisik saat tidur direkam menggunakan EOG atau penginderaan gerakan mata dan Elektromiografi (EMG) dapat mengukur aktivitas spesifik pada otot.

Dari pengukuran tersebut dapat diketahui tidur dibagi menjadi dua bagian, tidur non-REM dan tidur REM (gerakan mata cepat).

Seseorang memulai dalam tidur non-REM, kemudian mencapai REM, dan kemudian kembali ke non-REM.

Selama REM, otak sangat aktif, mata kita bergerak cepat ke balik kelopak mata yang tertutup, dan detak jantung serta pernapasan. Ini juga merupakan fase di mana mimpi dianggap terjadi.

Dari penelitian tidur manusia, peneliti menemukan ketika mereka terbangun dari tidur REM, mereka cenderung mengingat dan menggambarkan mimpi mereka dengan jelas dan detail.

Sayangnya, hewan tidak bisa berbicara, apalagi menceritakan tentang mimpinya. Sehingga yang bisa dilakukan adalah memprediksi mimpi hewan dengan mengamati bagaimana sel-sel otak aktif dan membandingkan pola tersebut dengan keadaan saat terjaga.

Baca juga: Apakah Hewan Bisa Menunda Kehamilannya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com