Ilmuwan Temukan Rasa Baru yang Bisa Diidentifikasi Lidah Manusia

Kompas.com - 09/10/2023, 10:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan percaya bahwa mereka berhasil mengidentifikasi rasa dasar baru yang dapat dideteksi oleh lidah.

Selain rasa manis, gurih, asam, pahit, dan umami, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa lidah mungkin juga dapat mendeteksi amonium klorida sebagai rasa dasar.

Penemuan rasa amonium klorida

Para peneliti telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa lidah mampu merespons amonium klorida, namun penelitian baru dari USC Dornsife telah secara tepat menentukan reseptor di lidah yang bereaksi terhadapnya.

Temuan ini berkat protein, yang disebut OTOP1, yang ditemukan di dalam membran sel dan membentuk saluran bagi ion hidrogen untuk berpindah ke dalam sel.

Reseptor untuk amonium klorida adalah reseptor yang sama yang menangkap keasaman, seperti rasa asam dari lemon atau cuka.

Baca juga: Apakah Manfaat Rasa Pedas pada Cabai?

Para peneliti berhipotesis bahwa protein OTOP1 mungkin juga merespons amonium klorida karena masih memiliki kaitan dengan rasa asam.

Untuk mengonfirmasi hipotesis tersebut, peneliti menciptakan sel manusia yang dikembangkan di laboratorium yang menampilkan protein OTOP1 dan kemudian memaparkannya pada asam dan amonium klorida.

Mereka menemukan bahwa amonium klorida dapat mengaktifkan reseptor OTOP1 sama efektifnya dengan asam.

Amonium klorida memiliki rasa yang tidak enak

Amonium klorida sering kali memiliki rasa yang tidak enak dan kemungkinan besar dikembangkan untuk membantu menghindari zat berbahaya karena amonia berbahaya bagi manusia dan hewan lainnya.

Namun, ada bukti bahwa manusia bisa belajar menikmatinya, seperti halnya kita menyukai makanan pedas atau asam.