Kompas.com - 07/10/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Neptunus adalah salah satu dari empat planet di Tata Surya yang memiliki cincin. Neptunus baru ditemukan pada tahun 1846 dan cincinnya baru ditemukan secara pasti pada tahun 1989 oleh wahana Voyager 2.

Sebenarnya, cincin pertama Neptunus ditemukan pada tahun 1968, namun para ilmuwan tidak dapat menentukan apakah itu adalah cincin lengkap.

Terbuat dari apa cincin Neptunus?

Neptunus memiliki lima cincin, yakni Galle, Le Verrier, Lassell, Arago, dan Adams. Cincin tersebut diberi nama sesuai dengan nama para astronom yang membuat penemuan penting terkait planet ini.

Cincin Neptunus terdiri dari setidaknya 20% debu dan beberapa cincin mengandung sebanyak 70% debu. Sementara itu, sisa bahan penyusun cincin Neptunus adalah batu-batuan kecil.