Atom Besi di Inti Bumi Bagian Dalam Bergerak Cepat, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 04/10/2023, 21:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Dalam sebuah studi baru, para peneliti melaporkan temuan atom besi yang membentuk bagian padat dari inti Bumi bergerak dengan cepat.

Atom-atom besi yang membentuk inti Bumi ini terjepit oleh tekanan astronomi yang sangat tinggi, yakni tekanan tertinggi di planet ini.

Studi ini dipimpin para peneliti dari University of Texas, Amerika Serikat, dan berkolaborasi dengan peneliti dari China.

Dilansir dari Phys, Rabu (4/10/2023), para peneliti menemukan sekumpulan atom besi yang berada di dalam inti Bumi dapat bergerak dengan cepat.

Atom-atom besi ini berpindah tempat dalam sepersekian detik dengan tetap mempertahankan struktur logam yang mendasari besi tersebut.

Baca juga: Inti Bumi Mengubah Rotasinya, Apakah Memang Sering Berubah?

Manfaat studi atom besi di inti Bumi

Hasil studi ini diperoleh dari eksperimen laboratorium dan model teoretis yang mengindikasikan bahwa atom-atom di bagian dalam inti planet ini bergerak lebih banyak dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya.

Para peneliti mengatakan, hasil studi ini dapat membantu menjelaskan berbagai sifat menarik dari inti dalam Planet Bumi yang telah lama membuat ilmuwan bingung.

Selain itu, manfaat temuan penelitian ini juga berguna untuk menjelaskan peran inti Bumi dalam menggerakkan geodinamika planet ini.

Geodinamika ini merupakan suatu proses yang menghasilkan medan magnet Bumi yang selama ini sulit dipahami.

"Sekarang, kita tahu tentang mekanisme fundamental yang dapat membantu kita memahami proses dinamis dan evolusi inti dalam Bumi," kata Jung-Fu Lin, profesor di University of Texas (UT) Jackson School of Geosciences dan salah satu penulis utama studi.