Kloroplas Tanaman Berpotensi Jadi Obat untuk Penyakit Huntington

Kompas.com - 04/10/2023, 14:33 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.comPenyakit Huntington adalah salah satu penyakit genetik yang sulit dihadapi di dunia medis. Saat ini, belum ada obat yang dapat menyembuhkan Penyakit Huntington.

Obat-obatan yang tersedia hanya mampu mengurangi beberapa gejala atau memperlambat perkembangan penyakit, namun belum dapat mengatasi akar penyebab penyakit ini.

Baca juga: Perlukah Mengonsumsi Suplemen Klorofil?

Meskipun belum ada obat penyembuh, penelitian terus berlanjut untuk mencari terapi yang lebih efektif.

Peneliti di Cluster of Excellence for Aging Research University of Cologne dan Cluster of Excellence for Plant Sciences telah menemukan pendekatan biologi tanaman sintetis yang berpotensi sebagai terapi penyakit neurodegeneratif, seperti Huntington.

Mereka menemukan potensi penggunaan kloroplas tanaman sebagai salah satu solusi dalam mengobati penyakit Huntington.

Tanaman yang tahan terhadap protein berbahaya

Dilansir dari Technology Networks, Rabu (4/10/2023), penelitian terbaru yang dilakukan oleh Prof. Dr. David Vilchez dan Dr. Ernesto Llamas bertujuan mencari obat potensial untuk penyakit polyQ seperti Huntington dengan menerapkan pendekatan inovatif.

Mereka menemukan bahwa tanaman, yang memiliki ketahanan terhadap stres lingkungan, tidak mengalami penyakit akibat protein yang sama seperti yang dialami oleh manusia.

Dengan mentransfer kemampuan tanaman ini ke sel manusia dan model hewan, mereka berharap dapat mengembangkan terapi baru untuk penyakit Huntington dan penyakit neurodegeneratif lainnya.

Temuan ini sangat mengejutkan karena tanaman tetap sehat meskipun memproduksi protein manusia yang beracun, berbeda dengan model lain yang menunjukkan gejala penyakit.

"Kami terkejut melihat bahwa tanaman tetap dalam kondisi sehat. Ekspresi huntingtin mutan dalam model penelitian lain seperti sel kultur manusia, tikus, dan cacing nematoda menginduksi efek merugikan dan gejala penyakit," ujar David Vilchez.