Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2023, 06:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Anak kucing terlahir dengan tubuh yang sangat kecil, mata tertutup, dan kedua telinga yang terlipat ke kepalanya.

Setelah lahir, anak kucing butuh waktu beberapa lama untuk membuka mata dan melihat sekelilingnya.

Meski matanya belum terbuka, bayi kucing tetap bisa merasakan induk mereka dan mencari puting susu dari sentuhan dan panas tubuh.

Penyebab mata anak kucing tertutup saat lahir

Melansir Better with Cats, mata anak kucing belum berkembang saat lahir. Inilah yang menyebabkan mata mereka tertutup setelah lahir.

Anak kucing membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengembangkan mata mereka agar dapat membuka kelopak mata. Setelah beberapa minggu, mata dan penglihatan mereka akan berkembang sepenuhnya.

Baca juga: Apa Perbedaan Kucing Domestik dengan Kucing Liar?

Selain itu, saat anak kucing lahir, jaringan bola mata mereka belum tumbuh sempurna. Kelopak mata akan membentuk pelindung sampai mata berkembang sepenuhnya.

Kapan anak kucing mulai membuka mata?

Pertumbuhan anak kucing berbeda-beda karena bergantung pada berbagai faktor, tetapi sebagian besar bayi kucing baru lahir bisa membuka matanya di usia 7 hingga 10 hari.

Dilansir dari Washington Dog and Cat Hospital, selama masa ini, penglihatan anak kucing akan berangsur-angsur membaik, meskipun kedua mata mereka mungkin belum terbuka sepenuhnya dengan kecepatan yang sama.

Kedua mata anak kucing biasanya melebar pada usia 2 minggu, dan pada usia 3 minggu, banyak anak kucing yang sudah bisa fokus dengan kedua matanya.

Baca juga: Ilmuwan Akhirnya Ungkap Penyebab Kucing Sangat Suka Tuna

Semua anak kucing yang baru lahir memiliki mata berwarna biru. Warna mata ini akan berubah seiring pertumbuhannya, biasanya warna aslinya akan berubah pada usia sekitar 8 minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com