Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kentut vagina atau “queefing” terjadi ketika udara terperangkap di dalam vagina. Udara yang terperangkap pada akhirnya akan keluar dari vagina dan dapat menimbulkan suara yang mirip dengan kentut pada umumnya.

Kentut vagina biasanya merupakan sesuatu yang normal dan jarang merupakan tanda masalah kesehatan yang serius. Namun, kondisi ini bisa juga merupakan gejala dari suatu kondisi medis yang perlu diobati.

Penyebab kentut vagina

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gas pada vagina. Penting untuk mengetahui berbagai penyebab karena beberapa di antaranya perlu ditangani oleh ahli medis.

Dilansir dari Healthline, beberapa penyebab tersebut antara lain:

Baca juga: 5 Penyebab Vagina Gatal, Iritasi hingga Infeksi Menular Seksual

1. Aktivitas seksual

Aktivitas seksual merupakan penyebab umum gas pada vagina. Pergerakan penis keluar masuk vagina terkadang dapat menyebabkan udara masuk dan kemudian terperangkap.

Saat otot vagina menegang akibat orgasme atau saat penis dilepas, gas kemudian akan keluar. Hal ini dapat menimbulkan suara dan terasa seperti gelembung.

Beberapa bentuk hubungan seks tidak hanya menyebabkan gas pada vagina, tetapi juga dapat menyebabkan pneumoperitoneum spontan, yaitu ketika udara menumpuk dan terperangkap di bawah diafragma. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada atau perut bagian atas.

2. Disfungsi dasar panggul

Meskipun kentur pada vagina bukanlah salah satu gejala utama disfungsi dasar panggul, studi telah menunjukkan bahwa kentut vagina, yang mirip dengan buang angin pada umumnya, dapat disebabkan oleh kondisi tersebut.

Baca juga: 5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Vagina

3. Fistula vagina

Fistula vagina adalah saluran abnormal dan berongga antara vagina dan organ perut bagian dalam atau panggul lainnya.

Kondisi demikian berpotensi menyebabkan gas pada vagina yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas seksual.

Ada berbagai jenis fistula vagina. Jenis-jenis ini didasarkan pada letak lubang atau robekan pada vagina dan organ mana yang terhubung dengan saluran tersebut. Fistula merupakan kondisi yang perlu ditangani oleh profesional medis.

Cara mencegah kentut vagina

Melansir Medical News Today, dalam banyak kasus, tidak ada cara yang benar-benar bisa mencegah kentut vagina, namun ada cara yang busa dilakukan.

Biasanya, satu-satunya gejala kentut vagina adalah suara dan sensasi udara terperangkap yang keluar dari vagina, yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Baca juga: Membersihkan Vagina dengan Sabun Antiseptik Berisiko Bikin Miss V Berbau, Kok Bisa?

Jika kentut vagina tidak kunjung hilang secara alami, jongkok, terutama saat buang air kecil, dapat membantu keluarnya udara yang terperangkap. Jika gas pada vagina disebabkan oleh ketegangan, cobalah rileks dan melatih pernapasan.

Jika kentut vagina bermasalah, coba untuk menghindari aktivitas seksual dan olahraga fisik yang menjadi penyebabnya.

Senam kegel, yang dikenal dapat meningkatkan kekuatan otot dasar panggul, juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kentur pada vagina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com