Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2023, 15:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Gelap, dingin, dan diselimuti angin supersonik, merupakan gambaran Neptunus, planet kedelapan dan terjauh di tata surya.

Neptunus adalah satu-satunya planet di tata surya yang berjarak lebih dari 30 kali lipat jarak matahari ke Bumi, sehingga tidak dapat terlihat dengan mata telanjang.

Neptunus sangat jauh dari matahari sehingga tengah hari di planet ini tampak seperti senja yang redup di Bumi. Cahaya hangat di Bumi pun kira-kira 900 kali lebih terang dari sinar matahari di Neptunus.

Satu hari di Neptunus

Melansir Solar System Exploration NASA, satu hari di Neptunus memakan waktu sekitar 16 jam Bumi. Ini merupakan waktu yang dibutuhkan Neptunus untuk berotasi atau berputar satu kali.

Baca juga: Berapa Lama Satu Hari di Jupiter?

Neptunus melakukan orbit penuh mengelilingi matahari (satu tahun waktu Neptunus) dalam waktu sekitar 165 tahun Bumi (60.190 hari Bumi).

Terkadang, jarak Neptunus ke matahari bisa lebih jauh dibandingkan planet kerdil Pluto.
Orbit Pluto yang sangat eksentrik dan berbentuk oval membawanya masuk ke dalam orbit Neptunus selama periode 20 tahun setiap 248 tahun Bumi.

Peralihan ini, yang membuat Pluto lebih dekat ke matahari daripada Neptunus, terjadi terakhir kali pada tahun 1979 hingga 1999.

Namun, Pluto tidak akan pernah bisa menabrak Neptunus karena untuk setiap tiga putaran yang dilakukan Neptunus mengelilingi Matahari, Pluto membuat dua putaran. Pola berulang ini mencegah kedua benda tersebut mendekat.

Baca juga: Berapa Lama Satu Hari di Merkurius?

Sumbu rotasi Neptunus miring 28 derajat terhadap bidang orbitnya mengelilingiatahari, serupa dengan kemiringan sumbu Mars dan Bumi.

Ini artinya Neptunus juga mengalami musim seperti yang kita alami di Bumi, namun karena satu tahun di Neptunus sangat panjang, masing-masing dari empat musim berlangsung selama lebih dari 40 tahun.

Planet raksasa es

Neptunus adalah salah satu dari dua planet raksasa es di tata surya bagian luar. Sebagian besar (80% atau lebih) massa planet ini terdiri dari cairan padat panas yang terdiri dari material "es", yakni air, metana, dan amonia, di atas inti kecil berbatu.

Di antara planet-planet raksasa, Neptunus adalah yang terpadat. Para ilmuwan memperkirakan, mungkin ada lautan air super panas di bawah awan dingin Neptunus.

Baca juga: Berapa Lama Satu Hari di Pluto?

Air tersebut tidak mendidih karena adanya tekanan yang sangat tinggi, yang membuatnya tetap terkunci di dalam.

Lingkungan Neptunus tidak kondusif bagi kehidupan seperti yang kita ketahui. Suhu, tekanan, dan material yang menjadi ciri planet ini kemungkinan besar terlalu ekstrim dan tidak stabil untuk dapat dihuni oleh organisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com