Ilmuwan Akhirnya Ungkap Penyebab Kucing Sangat Suka Tuna

Kompas.com - 07/09/2023, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sekaleng tuna adalah salah satu makanan yang sangat disukai kucing. Bahkan, kucing yang paling rewel pun tampaknya tidak menolak saat disodorkan daging ikan tuna.

Saat ini, para ilmuwan telah mengetahui alasan di balik kesukaan kucing terhadap ikan tuna. Temuan tersebut baru dipublikasikan di jurnal Chemical Sense edisi Agustus 2023.

Kucing juga menggunakan reseptor umami

Dilansir dari Live Science, dalam studi terbaru, peneliti menemukan bahwa kucing juga menggunakan reseptor rasa yang mendeteksi rasa umami, salah satu rasa dasar selain manis, asam, pahit, dan asin.

Namun tidak seperti reseptor umami pada manusia, reseptor rasa pada kucing mengikat dua bahan kimia yang memiliki dalam konsentrasi tinggi pada tuna. Bahan kimia ini meningkatkan pengalaman umami pada kucing dan membuat mereka lebih menyukai makanan amis.

Baca juga: Mengapa Kucing Mengubur Kotorannya?

Umami inilah yang memberikan rasa gurih daging pada ikan tuna, jadi masuk akal jika karnivora seperti kucing lebih menyukai rasanya.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa preferensi selera kucing berbeda secara signifikan dengan preferensi manusia. Misalnya, diketahui bahwa kucing bersikap ambivalen terhadap gula (tidak menyukai atau menghindarinya) karena kucing tidak dapat merasakannya akibat gen reseptor rasa manis mereka tidak berfungsi.

Para ahli berhipotesis bahwa kucing kehilangan kemampuan untuk merasakan karbohidrat dan pemanis karena makronutrien ini tidak penting untuk kelangsungan hidup mereka.

Demikian pula, kucing memiliki lebih sedikit reseptor rasa pahit dibandingkan manusia. Sekali lagi, ini mungkin karena merasakan rasa pahit tidak berguna bagi kucing dibandingkan bagi herbivora atau omnivora yang menggunakan rasa pahit untuk membantu menghindari makanan beracun.