Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Virus Covid Berevolusi Pesat pada Rusa Ekor Putih

Kompas.com - 06/09/2023, 06:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Kendati dunia menyatakan pandemi Covid-19 telah berakhir, namun faktanya virus corona penyebab penyakit baru ini masih belum hilang

Hasil temuan studi mengungkapkan fakta mengejutkan. Pasalnya, virus Covid, SARS-CoV-2 dapat berkembang pesat di dalam tubuh rusa ekor putih.

Dilansir dari Science Alert, Selasa (5/9/2023), virus corona penyebab Covid-19 ternyata tidak hanya bisa menginfeksi manusia.

Menurut studi baru, virus tersebut juga bisa melompat ke hewan lain, salah satunya rusa ekor putih. Tampaknya, virus Covid tersebut mampu berevolusi pesat pada hewan tersebut.

Baca juga: Studi Ungkap Orang Dewasa Penyebar Virus Corona Terbesar, Kok Bisa?

Virus Covid pada rusa ekor putih

Studi sebelumnya telah mengungkapkan bahwa virus ini mungkin umum ditemukan pada rusa ekor putih (Odocoileus virginianus) yang hidup di beberapa bagian di Amerika Serikat.

Para peneliti dalam studi barunya, mencoba mencari infeksi SARS-CoV-2 dengan menyeka hidung rusa yang berkeliaran di Ohio. Pengambilan sampel pada sekitar 1.522 rusa dilakukan antara November 2021 hingga Maret 2022, di 88 wilayah di negara bagian tersebut.

Berdasarkan hasil analisis genetik terhadap sampel usap tersebut menunjukkan infeksi virus Covid aktif pada 10 persen rusa. Sedikitnya satu kasus positif ditemukan pada 59 persen wilayah yang diuji.

Selain sampel usap, peneliti juga mengumpulkan sampel darah dari sejumlah rusa untuk mencari jejak infeksi sebelumnya, yang ditunjukkan dengan adanya antibodi spesifik.

Hasilnya, mereka memperkirakan hampir 24 persen rusa ekor putih di Ohio pernah terinfeksi SARS-CoV-2.

Tak hanya itu, berdasarkan analisis genomik menunjukkan setidaknya 30 kasus infeksi aktif virus Covid yang ditemukan pada rusa diintroduksi oleh manusia.

Baca juga: Studi Ungkap Cara Virus Corona Langsung Infeksi Sel Jantung Pasien Covid-19

"Kami biasanya berbicara tentang penularan antar spesies sebagai peristiwa langka, tetapi ini bukan pengambilan sampel yang besar, dan kami dapat mendokumentasikan 30 penularan. Tampaknya virus ini berpindah dari manusia ke hewan dengan mudah," kata salah satu penulis studi, Andrew Bowman, ahli epidemiologi hewan di Ohio State University.

Rusa sebagai inang virus Covid

Dalam studi ini, para peneliti menjelaskan, rusa ekor putih menjadi reservoir virus corona yang berpotensi menyebarkannya ke satwa liar lain, ternak dan manusia.

"Bukti-bukti yang ada menunjukkan, manusia dapat tertular dari rusa. Ini mungkin bukan sekadar saluran satu arah," kata Bowman.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com