Arkeolog Ungkap Kasus Kanker Paling Awal pada Manusia

Kompas.com - 03/09/2023, 14:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit kanker telah menyerang manusia selama ribuan tahun. Para ilmuwan telah menemukan banyak sisa-sisa manusia prasejarah yang menunjukkan adanya penyakit ini.

Lantas, apa kasus kanker paling awal yang pernah tercatat? Dan kapan pertama kali manusia mencatat tentang kanker dalam teks kedokteran?

Kasus kanker paling awal

Dilansir dari Live Science, bukti paling awal mengenai kanker pada manusia berasal dari kerabat manusia purba yang hidup sekitar 1,7 juta tahun yang lalu.

Individu tersebut, kemungkinan besar dari spesies Paranthropus Robustus atau Homo ergaster, hidup dengan tumor ganas di tulang jari kaki kirinya.

Baca juga: Apa Saja Gejala Kanker Jantung?

Penemuan ini berawal dari temuan sisa-sisa kerangka di dalam gua Swartkrans, sebuah deposit batu kapur di Afrika Selatan.

Studi tahun 2016 tentang kasus tersebut, yang diterbitkan di South African Journal of Science, menyebutkan bahwa ketika para peneliti membandingkan pemindaian tomografi komputer (CT) dari fosil tulang jari kaki dengan gambar kasus osteosarkoma modern, suatu bentuk kanker agresif yang dimulai pada sel-sel pembentuk tulang, peneliti segera mengenali tampilan khas osteosarkoma.

Saat ini, osteosarkoma adalah salah satu kanker tulang paling umum pada manusia dan dapat terjadi pada semua usia, meskipun paling sering terjadi pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda yang masih dalam masa pertumbuhan. Meski usia individu prasejarah ini tidak diketahui, para peneliti menduga mereka sudah dewasa.

Tumor jinak yang lebih tua ditemukan pada kerabat manusia yang berusia 1,9 juta tahun, yang dikenal sebagai Australopithecus sediba yang ditemukan di Afrika Selatan.