Seperti Apa Parfum yang Dipakai Orang Romawi Kuno?

Kompas.com - 25/08/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan orang-orang Romawi kuno sangat suka memakai parfum.

Menurutu studi, parfum telah digunakan sejak 2.000 tahun lalu oleh orang Romawi kuno, dan mereka suka memakai parfum beraroma nilam yang musky.

Kesimpulan ini diambil setelah peneliti menemukan parfum kuno di dalam botol kuarsa berukir di pemakaman Seville, Spanyol.

Temuan studi tentang bagaimana parfum telah digunakan bangsa Romawi tersebut pun tidak hanya menandai pertama kalinya identifikasi komposisi parfum Romawi berhasil dilakukan, tetapi juga memberikan gambaran seperti apa aroma di masa lalu.

Baca juga: Seperti Apa Machu Picchu di Masa Lalu dari Analisis DNA Kuno?

Temuan parfum orang Romawi kuno

Dikutip dari IFL Science, Kamis (24/8/2023) parfum zaman Romawi ini ditemukan pada tahun 2019, selama penggalian di Carmona modern.

Setelah dianalisis, parfum padat itu mengandung nilam, minyak esensial yang umum dalam wewangian modern.

Selain nilam, parfum juga berbahan dasar minyak nabati, kemungkinan minyak zaitun. Namun peneliti belum bisa memastikan mengenai itu.

“Meskipun penggalian arkeologi telah menemukan sejumlah besar wadah yang digunakan untuk menyimpan parfum atau salep di zaman Romawi kuno, hanya sedikit yang diketahui tentang komposisi kimia atau asal usul zat yang dikandungnya,” ungkap para peneliti.

Botol parfum terbuat dari batu kristal (kuarsa) yang diukir, sangat langka sekaligus mahal.