Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Makanan yang Dimakan Orang di Zaman Perunggu?

Kompas.com - 21/08/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Para arkeolog menemukan makanan yang dimakan oleh orang-orang yang hidup di Zaman Perunggu.

Kesimpulan tentang makanan orang Zaman Perunggu itu diperoleh dari analisis terhadap alat-alat kuno yang digunakan mereka, berdasarkan catatan tertulis dan petunjuk yang ditemukan.

Selama ini, saat mempelajari catatan kuno dan analisis pada alat-alat kuno, sangat jarang menyoroti tentang apa yang dimakan dan bagaimana orang-orang di masa lalu menyiapkan makanan.

Kini sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal iScience, 18 Agustus lalu berhasil menemukan apa saja yang dimakan oleh orang di Zaman Perunggu.

Makanan orang Zaman Perunggu

Dikutip dari Phys, Minggu (20/8/2023) studi tersebut menganalisis residu protein dari kuali masak kuno.

Peneliti kemudian menemukan, orang Kaukasus memakan rusa, domba, kambing, dan anggota keluarga sapi selama periode Maykop (3700-2900 SM).

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Kaya Prebiotik Menurut Sains?

"Sungguh menarik untuk mengetahui (makanan) apa yang dibuat orang (Zaman Perunggu) di kuali," kata Shevan Wilkin dari University of Zurich.

"Ini adalah bukti pertama yang kami miliki tentang protein yang diawetkan untuk pesta. ini adalah kuali besar sehingga jelas mereka membuat makanan besar, tidak hanya untuk keluarga individu," papar Wilkin lagi.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa lemak yang diawetkan dalam tembikar kuno dan protein dari kalkulus gigi—deposit plak mineral keras pada gigi—mengandung jejak protein yang dikonsumsi manusia purba selama hidup mereka.

Sekarang, penelitian ini menggabungkan analisis protein dengan arkeologi untuk mengeksplorasi detail spesifik tentang makanan yang dimasak di wadah tersebut.

Banyak paduan logam memiliki sifat antimikroba, itulah sebabnya protein diawetkan dengan sangat baik di kuali.

Mikroba dalam kotoran yang biasanya mendegradasi protein pada permukaan seperti keramik dan batu tertahan pada paduan logam.

"Kami telah menetapkan bahwa orang (Zaman Perunggu) pada saat itu kemungkinan besar minum bir pekat, tetapi kami tidak tahu apa yang termasuk dalam menu utama (makanan)," kata Viktor Trifonov dari Institut Sejarah Budaya Material.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa?

 

Analisis pun menemukan kuali digunakan untuk memasak jaringan rusa atau sapi (sapi, yak, atau kerbau).

Temuan ini didapatkan setelah peneliti mengumpulkan delapan sampel residu dari tujuh kuali yang ditemukan di situs pemakaman di wilayah Kaukasus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com