Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Makhluk Laut Mirip Alien yang Ditemukan Dekat Antartika?

Kompas.com - 16/08/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Peneliti yang menjelajah lautan dekat Antartika menemukan spesies makhluk laut baru yang terlihat seperti alien.

Terlepas dari penampakkan makhluk mirip alien itu, ahli yang menemukannya justru menamainya dengan nama buah, yaitu bintang bulu stroberi Antartika.

Makhluk laut tersebut punya semacam lengan yang berjumlah 20, beberapa bergelombang, lainnya berbulu, dan semuanya bisa mencapai panjang 20 Cm.

Makhluk laut berbentuk stroberi

Dikutip dari Science Alert, Selasa (15/8/2023) makhluk mirip alien ini awalnya tidak tampak seperti stroberi. Akan tetapi jika memperbesar tubuhnya, itu menyerupai ukuran bentuk buah stroberi.

Benjolan melingkar pada tubuh bintang laut adalah tempat cirri, senar seperti tentakel yang lebih kecil yang menonjol dari dasar.

Baca juga: Seperti Apa Spesies Baru Hiu Bergigi Mirip Manusia?

"Kami telah mengambil seikat cirri (dari makhluk laut aneh mirip alien), sehingga Anda dapat melihat bagian-bagian yang melekat padanya (bintang bulu stroberi), dan itulah yang terlihat seperti stroberi," kata Greg Rouse, seorang profesor biologi kelautan di University of California, San Diego.

Cirri juga memiliki cakar kecil di ujungnya yang digunakan untuk menahan dasar dasar laut.

Sementara apa yang disebut lengan adalah bagian yang lebih panjang seperti bulu, biasanya tersebar dan membantu mobilitas makhluk laut tersebut.

Nama resmi dari spesies yang baru ditemukan ini adalah Promachocrinus fragarius. Itu termasuk dalam kelas Crinoidea, yang meliputi bintang laut, bulu babi, dolar pasir, dan teripan.

Sebelumnya hanya ada satu spesies di bawah kelompok bintang bulu Antartika, yaitu Promachocrinus kerguelensis.

Akan tetapi tim ilmuwan dari Australia dan AS berhasil mengidentifikasi empat spesies baru yang mungkin termasuk dalam kelompok bintang bulu Antartika, termasuk salah satunya yang baru ditemukan ini.

Baca juga: Seperti Apa Fosil Ubur-ubur Tertua yang Pernah Ditemukan?

 

 

"Bintang bulu stroberi Antartika menonjol arena jumlah lengan yang dimilikinya. Mayoritas bintang bulu memiliki 10 lengan," kata Rouse.

Dengan penemuan ini, para peneliti dapat menambahkan delapan spesies di bawah kategori bintang bulu Antartika.

Penemuan bintang bulu stroberi Antartika

Bintang bulu stroberi Antartika ditemukan di kedalaman antara 76 hingga 1170 meter di bawah permukaan laut.

Menurut peneliti penemuan spesies baru bintang bulu secara umum bukanlah fenomena langka.

Rouse menyebut laboratoriumnya di Universitas Scripps Institution of Oceanography memberi nama 10 hingga 15 spesies per tahun.

"Kami menemukan banyak spesies. Masalahnya adalah jumlah pekerjaan yang dilakukan untuk menamai mereka," tambah Rouse.

Temuan makhuk laut aneh yang kemudian dinamai sebagai bintang bulu stroberi Antartika tersebut kemudian dipublikasikan di jurnal Invertebrate Systematics.

Baca juga: Seperti Apa Dinosaurus Vegetarian yang Ditemukan di Thailand?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com