Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2023, 18:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Evolusi telah melengkapi hewan dengan lengan dan kaki dalam segala bentuk dan ukuran. Akan tetapi, apakah salah satu anggota tubuh itu, antara lengan atau kaki, lebih penting daripada yang lain?

Dalam hal ini adalah kaki lebih penting daripada lengan. Jawabannya tergantung dari spesies apa yang sedang dibicarakan.

"Hewan hidup di lingkungan yang berbeda. Mereka melakukan hal yang berbeda secara ekologis," kata John Hutchinson, seorang profesor biomekanik evolusioner di Royal Veterinary College di London.

"Apa yang bisa kita lakukan adalah melihat pola yang kita lihat di alam sepanjang waktu dan melihat bagaimana kaki dan lengan berevolusi, dan itu akan memberi kita beberapa petunjuk tentang pentingnya kaki dan lengan," paparnya.

Baca juga: Apakah Manusia Purba Sudah Memakai Perhiasan?

Kaki lebih panjang dari manusia hingga T-rex

Mari mulai dengan manusia (Homo sapiens) yang berkaki dua, artinya manusia hanya menggunakan dua kaki untuk berjalan, bukan empat.

Akibatnya, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (1/8/2023) kemungkinan akan lebih sulit untuk bertahan hidup tanpa kaki daripada lengan.

Terutama jika tidak ada alat bantu gerak untuk penyandang disabillitas, seperti prostetik dan kursi roda.

"Saya akan mengatakan manusia adalah contoh spesies yang menekankan kaki. Bagian tubuh ini jauh lebih besar, lebih panjang, lebih kuat. Jadi saya akan bilang manusia termasuk dalam kategori yang mengutamakan bagian tubuh itu," papar Mattew Ravosa, direktur Pusat Anatomi Fungsional dan Evolusi di Universitas Johns Hopkins School of Medicine.

Contoh paling gamblang dari makhluk yang mementingkan kaki adalah Tyrannosaurus rex. Dinosaurus ini terkenal memiliki lengan kecil.

Baca juga: Apakah Kita Berkeringat Saat Berenang?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com