Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Hiu Putih Besar Tertarik Memangsa Manusia?

Kompas.com - 12/06/2023, 09:30 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Hiu putih besar disebut hampir tidak tertarik untuk memangsa manusia. Sebuah studi menunjukkan bahwa predator ganas ini hampir selalu jarang menggigit manusia.

Dilansir dari Live Science, Senin (12/6/2023), di sepanjang pantai California selatan, manusia dan hiu putih besar hampir selalu berenang bersama setiap hari.

Menariknya, kasus serangan hiu putih besar menyerang manusia, tetap jarang terjadi. Hal ini berdasarkan studi yang dilakukan sekelompok peneliti terkait serangan hiu putih besar remaja terhadap manusia.

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE pada 2 Juni menunjukkan bahwa kejadian serangan hiu yang disebut paling berbahaya ini terhadap manusia hampir sangat jarang terjadi.

"Saya pikir apa yang akhirnya kami lakukan adalah meletakkan paku di peti mati untuk mitos lama bahwa jika Anda berada di air bersama hiu putih, ia akan menyerang Anda," kata rekan penulis studi Chris Lowe, ahli biologi kelautan di California State University, Long Beach.

Pada tahun 2022, menurut File Serangan Hiu Internasional dari University of Florida, dilaporkan ada 41 kasus gigitan yang tidak beralasan dan satu kematian yang dilaporkan di Amerika Serikat.

Baca juga: Serangan Hiu Paling Mematikan yang Pernah Tercatat

Kendati demikian, peneliti mencatat, risiko yang dirasakan masyarakat terkait serangan hiu putih besar di perairan dangkal cukup tinggi.

Masalah yang diamati yakni sangat sedikit data yang menunjukkan seberapa sering hiu putih besar dan manusia saling berdekatan.

Studi serangan hiu putih besar pada manusia

Dalam studi ini, untuk mengetahui seberapa sering serangan hiu dan manusia terjadi, para peneliti menerbangkan pesawat nirawak atau drone melintasi kawasan pantai di California selatan setiap bulan selama dua tahun.

Mereka juga mencatat di mana posisi hiu putih besar (Carcharodon carcharias) terlihat dari udara saat mereka berenang di perairan dekat manusia.

Data yang diamati menunjukkan bahwa hiu putih besar remaja ditemukan di dua lokasi, yakni Carpinteria, tepat di sebelah selatan Santa Barbara dan Del Mar yang berada tepat di utara San Diego.

Di sepanjang pantai ini, para peneliti melihat interaksi manusia dan hiu.

Dari pengamatan data drone, hiu putih besar semuanya berada di sisi terjauh dari pemecah gelombang, begitu juga manusia yang berada di kawasan pantai.

Baca juga: Apa Alasan Hiu Putih Besar Tak Pernah Ada di Akuarium Penangkaran?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com