Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Hiu Paling Mematikan yang Pernah Tercatat

Kompas.com - 13/05/2023, 11:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serangan hiu sangat jarang terjadi karena kemungkinan besar Anda tidak akan bertemu satu pun secara langsung, apalagi digigit.

Akan tetapi, saat Perang Dunia II, tenggelamnya kapal Angkatan Laut AS memicu serangan hiu paling terkenal dalam sejarah yang berlangsung selama berhari-hari dan memakan ratusan korban jiwa.

Serangan hiu saat Perang Dunia II

Dikutip dari Live Science, Kamis (11/5/2023) pada Juli 1945, USS Indianapolis telah menyelesaikan perjalanan ke pangkalan angkatan laut di pulau Pasifik Tinian untuk mengirimkan uranium dan komponen lain yang akan digunakan untuk membuat bom atom "Little Boy".

Setelah mengirimkan suku cadang, Indianapolis berangkat ke Filipina untuk tugas pelatihan. Tak lama setelah tengah malam pada tanggal 30 Juli, kapal tersebut ditorpedo oleh kapal selam Jepang, menyebabkan kerusakan besar.

Dengan kerusakan parah itu, kapal tenggelam hanya dalam waktu 12 menit.

Dari 1.195 orang di atas kapal, sekitar 300 tenggelam bersama kapal, sedangkan hampir 900 orang terapung-apung di lautan terbuka. Banyak yang meninggal karena paparan, dehidrasi, dan keracunan air asin.

Baca juga: Seperti Apa Hiu Iblis, Spesies Baru yang Ditemukan di Laut Australia?

Namun menurut Majalah Smithsonian, sekitar 150 pelaut dan awak kapal diperkirakan telah dibunuh oleh hiu. Ini dianggap sebagai serangan hiu terburuk dalam sejarah.

Serangan hiu terburuk dalam sejarah

Dalam kesaksiannya, penyintas bernama Kopral Edgar Harrel menceritakan jenazah yang tewas dan terluka dievakuasi terlebih dahulu. Ia juga menyebut pagi pertama kapal tenggelam ia melihat hiu.

"Ketika orang-orang mulai dipisahkan mereka menjadi target. Anda bisa mendengar jeritan dan kemudian tubuhnya akan tenggelam, menyisakan pelampungnya saja," kata Harrel.

Orang-orang juga menjadi terlalu takut untuk makan atau bergerak karena takut dimangsa.

Menurut laporan seorang yang selamat, salah satu pelaut dikelilingi oleh hiu. Itu bisa saja terjadi karena aroma darah yang menyebabkan hiu berkerumun dan bersaing mendapatkan makanan yang tersedia.

Baca juga: Hiu Megalodon di Puncak Rantai Makanan Juga Memangsa Predator Lain

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com