Hiu Hantu Langka Ditemukan di Perairan Selandia Baru, Seperti Apa?

Kompas.com - 17/02/2022, 21:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber CNN

KOMPAS.com - Para ilmuwan berhasil menemukan bayi hiu hantu, yang merupakan spesies ikan laut dalam langka di perairan Selandia Baru. Hiu hantu ini ditemukan di kedalaman sekitar 1.200 meter di Chatham Rise, di lepas pantai timur, Pulau Selatan.

Penemuan bayi hiu hantu yang baru menetas tersebut didapatkan dari penelitian tim ilmuwan National Institute of Water and Atmospheric Research.

Menariknya, bayi hiu hantu yang memiliki nama ilmiah chimaera ini ditemukan secara tidak sengaja ketika tim memasang pukat penelitian untuk populasi bawah laut.

Dilansir dari CNN, Rabu (16/2/2022) hiu hantu adalah hewan yang biasa hidup di laut dalam, dan memiliki beberapa sebutan lain seperti ikan tikus, ikan hantu, dan ikan kelinci.

Namun, hiu hantu bukan lah hiu yang sebenarnya, tetapi ikan ini berkerabat dekat dengan hiu serta pari. Mereka merupakan spesies ikan bertulang rawan dengan kerangka yang sebagian besar terdiri dari tulang rawan.

"Anda bisa tahu hiu hantu ini baru menetas karena perutnya penuh dengan kuning telur," ujar salah satu peneliti Brit Finucci.