Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiu Greenland yang Mati di Inggris Terinfeksi Meningitis, Ahli Jelaskan

Kompas.com - 09/04/2022, 19:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Hiu Greenland langka yang terdampar di Inggris bulan lalu mengalami infeksi meningitis ketika mati. Hal ini terungkap berdasarkan otopsi yang dilakukan dari sisa-sisa tubuh hiu Greenland ini.

Menurut pernyataan dari Zoological Society of London (ZSL), ahli patologi menemukan bukti meningitis, peradangan pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.

Infeksi meningitis hiu Greenland ini merupakan kematian pertama terkait penyakit yang dilaporkan pada hiu bernama latin Somniosus microcephalus.

Hiu Greenland adalah spesies hiu berumur panjang yang sulit ditangkap yang hidup di perairan dalam Arktik dan Atlantik Utara.

"Selama pemeriksaan post-mortem, otak memang terlihat sedikit berubah warna dan tersumbat dan cairan di sekitar otak keruh, meningkatkan kemungkinan infeksi," ujar James Barnett, ahli patologi dari Cornwall Marine Pathology Team, bagian dari Cetacean Strandings Inggris seperti dikutip dari Live Science, Sabtu (9/4/2022).

Baca juga: 6 Fakta Hiu Greenland, Vertebrata yang Hidup Paling Lama di Dunia

Pemeriksaan mikroskopis cairan otak hiu Greenland mengungkapkan adanya spesies bakteri Pasteurella. Bakteri ini yang diduga menyebabkan hiu langka ini mati.

"Ini mungkin menjadi penyebab meningitis," kata Barnett.

Hiu Greenland yang ditemukan mati ini kemungkinan berusia sekitar 100 tahun.

Ini mungkin terdengar tua, tapi cukup muda untuk sejenisnya, dan membuat hewan yang mati tersebut masuk kategori betina remaja.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Science, meskipun tidak diketahui berapa lama hiu ini dapat hidup, mereka dapat mencapai setidaknya 272 tahun.

Hiu Greenland mati terinfeksi meningitis itu memiliki panjang sekitar 4 meter dan berat 285 kilogram, terdampar di dekat Pelabuhan Newlyn di Cornwall, di barat daya Inggris, pada 13 Maret lalu.

Baca juga: Hiu Hantu Langka Ditemukan di Perairan Selandia Baru, Seperti Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com