Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Kupu-kupu Langka yang Dinamai Karakter di Lord of the Rings?

Kompas.com - 12/05/2023, 13:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini ilmuwan berhasil mengidentifikasi spesies baru kupu-kupu langka.

Menariknya, kupu-kupu tersebut diberi nama genus Saurona, yang terinspirasi karakter jahat di film Lord of the Rings, Sauron. 

Nama spesies kupu-kupu langka ini disematkan lantaran cincin hitam pada sayap jingga cerah dari serangga tersebut mengingatkan pada Sauron, mata yang melihat segalanya di novel karya JRR Tolkien.

Dikutip dari Independent, Kamis (11/5/2023) sementara saat ini hanya ada dua anggota kelompok baru ini, yaitu kupu-kupu langka Saurona triangula dan Saurona aurigera.

Baca juga: Seperti Apa Fosil Cabai Langka yang Ditemukan di Amerika?

Setelah penemuan spesies baru kupu-kupu langka ini, peneliti memperkirakan masih banyak lagi spesies yang belum terdeskripsikan.

Saurona adalah salah satu dari beberapa kelompok kupu-kupu baru yang dideskripsikan oleh tim peneliti internasional, salah satunya oleh Dr Blanca Huertas, kurator senior kupu-kupu di Museum Sejarah Alam.

Sementara genus kedua yang ditemukan oleh tim kemudian diberi nama Argenteria, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai tambang perak karena sisik perak di sayapnya.

"Penamaan (pada kupu-kupu langka Saurona) genus bukanlah sesuatu yang sering terjadi, dan bahkan lebih jarang untuk dapat menyebutkan dua nama sekaligus," kata Dr Huertas.

Baca juga: Seperti Apa Hiu Iblis, Spesies Baru yang Ditemukan di Laut Australia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com