Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Olahraga di Pagi Hari untuk Kesehatan

Kompas.com - 13/07/2023, 11:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tidak ada waktu yang paling tepat untuk olahraga karena yang terpenting adalah konsistensi kita dalam melakukannya.

Banyak dari kita yang memilih untuk berolahraga di pagi hari sebelum memulai rutinitas hariannya. Meski tidak ada waktu terbaik, olahraga di pagi hari memberikan manfaat tersendiri bagi kesehatan.

Manfaat olahraga pagi

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa manfaat olahraga di pagi hari.

1. Meningkatkan kewaspadaan

Olahraga pagi mungkin lebih cocok untuk fluktuasi hormon tubuh, salah satunya adalah kortisol, hormon yang membuat kita tetap terjaga dan waspada.

Baca juga: Olahraga Berenang Tetap Perlu Hidrasi, Begini Caranya

Kortisol juga sering disebut hormon stres, tetapi hanya menimbulkan masalah jika jumlahnya terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Biasanya, kortisol meningkat di pagi hari dan turun di malam hari. Hormon ini mencapai puncaknya sekitar jam 8 pagi. Jika kita memiliki ritme sirkadian yang sehat, tubuh mungkin akan lebih prima untuk berolahraga di jam-jam ini.

2. Lebih banyak energi

Saat berolahraga, oksigen dan nutrisi mengalir ke jantung dan paru-paru sehingga meningkatkan sistem kardiovaskular, daya tahan, dan stamina secara keseluruhan.

Dengan demikian, berolahraga di pagi mungkin membuat kita merasa lebih berenergi sepanjang hari dan lebih siap untuk beraktivitas.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Teh Hijau Setelah Olahraga?

3. Meningkatkan fokus

Olahraga juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, kapan pun kita melakukannya. Tetapi jika sering merasa sulit fokus di siang hari, olahraga pagi mungkin bisa menjadi solusinya.

Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menemukan, olahraga pagi dapat meningkatkan perhatian, pembelajaran visual, dan pengambilan keputusan.

Dalam studi tersebut, peserta duduk selama 8 jam sehari tanpa berjalan pagi selama 30 menit di atas treadmill. Pada beberapa hari, peserta mengambil istirahat dengan jalan kaki selama 3 menit setiap 30 menit.

Hasilnya, hari-hari dengan olahraga pagi dikaitkan dengan kognisi yang lebih baik sepanjang hari, terutama jika dipasangkan dengan istirahat teratur.

Baca juga: 5 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Olahraga

4. Suasana hati yang lebih baik

Aktivitas fisik adalah obat alami untuk stres. Selama berolahraga, otak memproduksi lebih banyak endorfin, neurotransmiter yang membuat kita merasa nyaman dan juga berfungsi sebagai pengalih perhatian dari pikiran cemas.

Olahraga pagi adalah cara yang bagus untuk memulai hari dengan positif. Kita juga akan merasa memiliki pencapaian sehingga mendapat pandangan optimis untuk hari itu.

5. Mendukung penurunan berat badan

Olahraga di pagi hari mungkin adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan, menurut sebuah studi kecil tahun 2015 yang diterbitkan di EBio Medicine.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com