Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2023, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Semua orang pasti pernah lupa atau kesulitan mengingat suatu informasi. Ini merupakan hal yang sangat umum dan terkadang sulit dihindari.

Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih mudah dan sering lupa. Faktor tersebut bisa termasuk masalah kesehatan.

Apa penyebab sering lupa?

Pikiran yang kosong sesekali tidak selalu merupakan masalah serius, tetapi itu bisa jadi tanda bahwa tubuh kurang istirahat. 

Jika sering lupa atau kesulitan mengingat suatu informasi, mengalami disorientasi, kabut otak, dan gejala-gejala lain, seperti lekas marah atau kehilangan indra penciuman, itu bisa menjadi tanda masalah kesehatan (seperti Alzheimer atau sejenis demensia). 

Baca juga: 3 Teori yang Menjelaskan Penyebab Manusia Bisa Lupa

Selain itu, daya ingat yang menurun juga merupakan tanda penuaan yang umum. Melansir MedicineNet, berikut adalah beberapa penyebab seseorang mudah lupa:

  • Penyakit Alzheimer
  • Stres
  • Cedera kepala (lama atau baru)
  • Konsumsi obat-obatan (obat tidur, antidepresan, obat epilepsi, dan obat penghilang rasa sakit narkotik)
  • Masalah tidur
  • Kurang fokus karena cemas
  • Gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi
  • Kecanduan alkohol 
  • Kekurangan vitamin B12
  • Hipotiroidisme
  • Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)
  • Infeksi, seperti penyakit Lyme dan meningitis
  • Penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes melitus
  • Tumor otak

Untuk mengetahui penyebab pastinya, dibutuhkan bantuan diagnosis dari dokter. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter saraf untuk evaluasi menyeluruh. 

Baca juga: Kenapa Kita Tidak Lupa Cara Naik Sepeda?

Cara meningkatkan memori

Terkadang, lupa memang tidak dapat dihindari, namun ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membantu memperkuat memori sehingga lebih mudah mengingat informasi penting. 

Mengutip Verywell Health, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengurangi kebiasaan lupa:

1. Olahraga 

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga dapat menyebabkan peningkatan cepat dalam fungsi memori. 

Tidak perlu menghabiskan berjam-jam di treadmill atau di tempat gym untuk mendapatkan manfaat ini. Olahraga yang singkat dan sangat ringan pun bermanfaat untuk meningkatkan fungsi memori.

Baca juga: Apakah Gajah Ingatannya Benar-benar Kuat dan Tidak Pernah Lupa?

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Meskipun kebutuhan tidur setiap orang dapat bervariasi, rekomendasi umum untuk orang dewasa adalah tujuh hingga 9 jam per malam. 

3. Mengasah informasi

Terkadang, cara terbaik untuk mengingat sesuatu dan mengurangi kemungkinan lupa adalah dengan mengasah informasi yang sudah didapat. Ini dilakukan dengan menelusuri informasinya berulang kali hingga kita memasukkannya ke dalam memori.

4. Mencatat

Tuliskan semua informasi penting sehingga kita dapat merujuknya saat diperlukan. Dalam beberapa kasus, aktivitas menulis ini yang dapat membantu kita mengingatnya nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com