Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Kita mengenal ada 8 planet di Tata Surya, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

Namun, dalam astronomi, dikenal adanya Planet Sembilan atau Planet X, yang merupakan salah satu obyek paling misterius di semesta. Berikut adalah beberapa fakta tentang Planet Sembilan.

Apa itu Planet Sembilan?

Dilansir dari Science Alert, Planet Sembilan adalah obyek hipotetis (berdasarkan dugaan) masif dalam orbit elips jauh di luar Pluto.

Meskipun tidak ada pengamatan langsung yang pernah dilakukan terhadap obyek yang cocok dengan deskripsi Planet Kesembilan, pola tak terduga di orbit obyek lain yang lebih kecil di bagian terluar Tata Surya yang tertutup es dapat dijelaskan oleh tarikan gravitasi benda semacam itu.

Baca juga: Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup di Planet-planet Lain?

Dengan asumsi obyek mirip planet ini benar-benar ada di luar sana, massa Planet Kesembilan kemungkinan besar (kira-kira 10 kali) lebih besar dari Bumi, dengan ketebalan yang mendekati jangkauan salah satu planet raksasa es di Tata Surya.

Orbit Planet Sembilan diprediksi sekitar 20 kali lebih jauh daripada orbit Neptunus. Planet ini membutuhkan antara 10.000 dan 20.000 tahun untuk menyelesaikan satu orbit penuh mengelilingi Matahari, sementara Neptunus menyelesaikan orbitnya kira-kira setiap 165 tahun.

Asal-usul Planet Sembilan

Peneliti Caltech telah menemukan bukti matematis yang menunjukkan kemungkinan adanya Planet Sembilan, jauh di dalam tata surya.

Dilansir dari NASA, pada Januari tahun 2015, astronom Caltech, Konstantin Batygin dan Mike Brown, mengumumkan penelitian baru yang memberikan bukti adanya planet raksasa yang menelusuri orbit memanjang yang tidak biasa di tata surya bagian luar. 

Baca juga: Bumi Makin Panas, Akankah Planet Ini Bertahan Selamanya?

Prediksi didasarkan pada pemodelan matematika terperinci dan simulasi komputer, bukan observasi langsung.

Obyek besar ini dapat menjelaskan orbit unik dari setidaknya lima objek kecil yang ditemukan di jauh Sabuk Kuiper.

Jim Green, Direktur Divisi Ilmu Planet NASA, mengatakan bahwa ini ini bukan deteksi atau penemuan planet baru. Masih terlalu dini untuk mengatakan dengan pasti bahwa ada yang disebut Planet X. 

Apa yang dilihat para ahli saat ini adalah prediksi awal berdasarkan pemodelan dari pengamatan terbatas. 

Kenapa ilmuwan mengira Planet Sembilan ada?

Para astronom yang mempelajari Sabuk Kuiper telah mencatat bahwa beberapa planet kerdil dan benda es kecil lainnya cenderung mengikuti orbit yang berkelompok bersama. 

Baca juga: Mengapa Planet Jupiter Memiliki Puluhan Bulan?

Dengan menganalisis orbit ini, tim ilmuwan Caltech memprediksi kemungkinan adanya planet besar yang sebelumnya belum ditemukan, yang mungkin bersembunyi jauh di luar Pluto.

Ilmuwan memperkirakan gravitasi Planet Sembilan yang mungkin akan menjelaskan orbit yang tidak biasa dari obyek Kuiper tersebut.

Saat ini, para astronom, termasuk Batygin dan Brown, akan mulai menggunakan teleskop terkuat di dunia untuk mencari obyek tersebut di orbit yang diprediksi. 

Obyek apa pun yang jauh dari Matahari akan sangat redup dan sulit dideteksi, tetapi para astronom telah memperhitungkan bahwa obyek itu seharusnya dapat dilihat menggunakan teleskop tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com