Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2023, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat, mengingat manfaatnya yang melimpah bagi kesehatan.

Beberapa orang gemar mengonsumsi teh hijau di pagi hari sebagai sarapan untuk mengawali hari. Lantas, adakah manfaat minum teh hijau di pagi hari?

Manfaat minum teh hijau di pagi hari

Banyak yang memilih untuk minum secangkir teh hijau yang menenangkan di pagi hari untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Dilansir dari Healthline, manfaat teh hijau berupa meningkatkan fokus dan konsentrasi sebagian karena adanya kafein, stimulan yang terbukti meningkatkan perhatian dan kewaspadaan.

Baca juga: Benarkah Kantong Teh Bermanfaat untuk Mata?

Namun, tidak seperti kopi dan minuman berkafein lainnya, teh hijau mengandung L-theanine, asam amino yang memberikan efek menenangkan.

L-theanine dan kafein bekerja sama untuk meningkatkan fungsi otak dan suasana hati, tanpa menyebabkan efek samping negatif yang mungkin menyertai konsumsi kafein sendiri.

Untuk alasan ini, menikmati teh hijau di pagi hari adalah cara yang baik untuk memulai hari.

Kandungan teh hijau yang menyehatkan

Dilansir dari Verywell Health, teh hijau mengandung konsentrasi antioksidan yang tinggi. Kandungan inilah bertanggung jawab atas manfaat kesehatan dari teh hijau.

Teh hijau kaya akan polifenol, senyawa alami yang mampu mengurangi peradangan, melindungi dari stres oksidatif, dan mencegah kerusakan sel. 

Baca juga: Antioksidan dalam Cokelat Panas Lebih Banyak dari Teh Hijau

Teh hijau juga mengandung fenol alami dan antioksidan tingkat tinggi yang disebut katekin. Epigallocatechin-3-gallate(EGCG) adalah katekin yang paling melimpah dalam teh hijau.

ECGC telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan fungsi kognitif, membantu penurunan berat badan, mengatur kadar gula darah, mendukung kesehatan pencernaan, dan melindungi dari jenis kanker tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com