Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Penyakit yang Disebabkan oleh Gigitan Kutu?

Kompas.com - 28/06/2023, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Infeksi virus Oz akibat gigitan kutu yang menyebabkan kematian di Jepang, menjadi kasus pertama di dunia. Seorang wanita berusia 70-an tahun dari Perfektur Ibaraki, meninggal dunia setelah terinfeksi penyakit yang ditularkan oleh kutu.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari gigitan kutu memang cukup sering terjadi, namun meninggalnya seorang pasien wanita di Jepang belum lama ini, menjadi kasus fatal pertama yang tercatat di dunia.

Seperti dikutip dari Japan Times, Rabu (2/6/2023), wanita tersebut dilaporkan terinfeksi virus Oz yang ditularkan dari jenis kutu keras.

National Institute of Infectious Diseases (NIID) mencatat, virus Oz pertama kali terdeteksi pada tahun 2018 di Prefektur Ehime, yang ditemukan pada kutu Amblyomma testudinarium.

Kasus penyakit pada manusia yang disebabkan oleh gigitan kutu sudah sering terjadi di beberapa negara.

Penyakit yang disebabkan gigitan kutu

Lantas, selain gigian kutu penyebab infeksi virus Oz, apa saja penyakit pada manusia yang ditularkan oleh kutu?

Baca juga: Apa Saja Penyakit yang Disebabkan oleh Vape Rokok?

Mungkin bagi kebanyakan orang umum, gigitan kutu dianggap tidak berbahaya karena hanya akan menyebabkan benjolan kecil di kulit, serta sebagian besar tidak menyebabkan gejala apa pun.

Namun, beberapa jenis kutu bisa berbahaya dan menyebabkan alergi atau penyakit yang tidak pernah kita ketahui sebelumnya.

Gigitan kutu tidak dapat disepelekan, karena beberapa kutu bisa menularkan penyakit pada manusia mau pun hewan peliharaan.

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gigitan kutu bisa berbahaya atau bahkan mengancam nyawa jika tidak segera diobati. Berikut beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh kutu, dikutip dari CDC Amerika Serikat.

Beberapa tahun lalu, penyanyi Justin Bieber dilaporkan pernah mengalami penyakit Lyme. Penyakit Lyme adalah penyakit yang ditularkan ke manusia melalui gigitan kutu berkaki hitam yang terinfeksi.

Penyebab penyakit Lyme adalah infeksi bakteri Borrelia burgdorferi, dan yang paling jarang ditemukan bakteri Borrelia mayonii.

Penyakit yang cukup umum terjadi di Amerika Serikat ini memiliki beberapa gejala. Gejala penyakit Lyme akibat gigitan kutu yang umum antara lain seperti demam, sakit kepala, kelelahan dan ruam kulit yang khas.

Baca juga: Apa Saja Penyakit yang Dapat Disebabkan oleh Obesitas?

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com