Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2023, 14:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami rasa sakit di salah satu atau kedua lutut.

jika terjadi terus-menerus, ada baiknya Anda mulai memberikan perhatian lebih pada kondisi tersebut karena bisa saja itu adalah artritis atau radang sendi.

Kondisi artritis ini seringkali terjadi akibat dari keausan atau cedera yang berkaitan dengan usia.

Kendati demikian, masalah radang sendi pada lutut, dalam beberapa kasus juga dapat memengaruhi seseorang yang berusia lebih muda.

Penyebab artritis lutut

Dilansir dari Live Strong, Minggu (25/6/2023) artritis adalah kondisi umum yang menyebabkan nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian, termasuk di lutut.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Umum Hiperventilasi?

Ada lebih dari 100 jenis artritis atau radang sendi, tetapi dua yang paling mungkin memengaruhi lutut adalah osteoarthritis dan arthritis reumatoid.

Amro Balki, MD, rheumatologist bersertifikat di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California menjelaskan osteoarthritis adalah jenis radang sendi yang disebabkan oleh keausan sederhana.

Seiring waktu, gerakan berulang dapat mengikis tulang rawan di sekitar sendi lutut, menyebabkan tulang lutut saling bergesekan.

Oleh karenanya, hal itu akan membuat seseorang lebih mudah terkena osteoarthritis di lutut jika berusia lebih tua, sebab itu memberikan tekanan berulang pada lutut atau mengalami cedera lutut.

Sementara itu, penyebab artritis reumatoid penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sendi yang sehat, termasuk jaringan sendi di lutut.

Baca juga: Apa Saja Penyebab Mata Merah Setelah Bangun Tidur?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com