Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah yang Membuat Kita Menjadi Manusia dan Bedanya dengan Primata?

Kompas.com - 19/06/2023, 18:06 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters


KOMPAS.com - Manusia diyakini masih sepupu dengan primata oleh sebagian ilmuwan. Namun, studi genom paling komprehensif pada primata telah mengungkapkan ciei genetik penting yang menjadi keunikan manusia.

Kelompok primata yang dikenal di antaranya seperti kera, lemur dan monyet.

Berdasarkan ciri genetik yang terungkap dalam sebuah studi baru-baru ini telah menyempurnakan linimasa yang memisahkan garis keturunan evolusi manusia dari simpanse dan bonobo, yang merupakan sepupu terdekat manusia.

Dilansir dari Reuters, Senin (19/6/2023) para peneliti mengatakan bahwa mereka telah mengurutkan dan menganalisis genom dari 233 spesies primata. Genom tersebut terdiri dari hampir setengah dari spesies yang masih hidup saat ini.

Genetik yang membedakan manusia dan primata

Dalam studi ini, hal mengejutkan bagi para peneliti adalah mereka menemukan sebagian besar primata memiliki keanekaragaman genetik yang lebih besar dibandingkan manusia.

Keanekaragaman genetik itu adalah variasi di dalam suatu spesies yang sangat penting untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan.

Baca juga: Apakah Organ Tubuh Manusia yang Paling Berat?

Sementara bagi manusia, beberapa variasi genetik itu dianggap eksklusif. Para peneliti juga menunjukkan variasi genetik lain yang secara unik melibatkan fungsi dan perkembangan otak manusia.

Selanjutnya, dalam studi ini, peneliti juga menggunakan genom primata untuk melatih algoritma kecerdasan buatan untuk memprediksi mutasi genetik penyebab penyakit pada manusia.

"Mempelajari keanekaragaman genom primata tidak hanya penting dalam menghadapi krisis keanekaragaman hayati yang sedang berlangsung, tetapi juga memiliki potensi besar untuk meningkatkan pemahaman kita tentang penyakit pada manusia," kata ahli genetika Lukas Kuderna dari Barcelona Biomedical Research Park's Institute of Evolutionary Biology di Spanyol dan Illumina Inc (ILMN.O).

Kuderna yang juga penulis utama makalah utama studi yang diterbitkan dalam jurnal Science ini mengatakan bahwa primata adalah ordo mamalia yang beragam. Mereka memiliki ciri-ciri seperti otak yang besar, ketangkasan atau kecerdasan yang tinggi dan penglihatan yang baik.

"Mereka mendiami Amerika, Afrika termasuk Madagaskar dan Asia," imbuh Kuderna.

Primata seperti simpanse dan bonobo adalah dua spesies yang paling dekat secara genetis dengan manusia. Beberapa studi menyebut bahwa manusia berbagi sekitar 98,8 persen DNA.

Baca juga: Apakah Hiu Putih Besar Tertarik Memangsa Manusia?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com