Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alasan Bangun Pagi Bermanfaat untuk Kesehatan

Kompas.com - 15/06/2023, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang merasa sangat sulit untuk bangun pagi sehingga selalu terburu-buru dalam memulai aktivitas hariannya.

Faktanya, membiasakan diri untuk bangun pagi memberikan banyak manfaat, bahkan untuk kesehatan. Di samping itu, kebiasaan bangun pagi juga membuat kita memiliki jadwal tidur dan bangun yang teratur.

Alasan bangun pagi bermanfaat

Melansir Healthline, berikut adalah beberapa alasan yang menjelaskan mengapa bangun pagi bermanfaat. 

1. Lebih banyak waktu untuk diri sendiri

Bagi yang tinggal dengan orang lain, seperti teman, orangtua, atau pasangan, bangun pagi dapat memberi waktu yang lebih banyak untuk diri sendiri.

Baca juga: Apa Penyebab Sulit Bangun Pagi?

Lebih banyak waktu untuk menyesap kopi secara perlahan sambil menyantap menu sarapan favorit atau sekadar menikmati keheningan dapat membantu kita mempersiapkan diri untuk menghadapi hari yang sibuk.

2. Lebih banyak waktu untuk berolahraga

Bagi yang sering kesulitan menemukan waktu untuk olahraga, bangun pagi bisa menjadi solusinya. 

Salah satu manfaat olahraga pagi adalah olahraga dapat memulai gelombang endorfin yang membuat kita merasa nyaman sehingga suasana hati meningkat, stres dan kecemasan menurun, serta energi meningkat. 

3. Tidur yang lebih baik 

Kebiasaan bangun pagi menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih awal cenderung tidur lebih awal dan memiliki tidur yang lebih lama sert berkualitas.

Baca juga: Manfaat Bangun Pagi, Rahasia Sukses Pemimpin Dunia

Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat, seperti suasana hati yang membaik, konsentrasi yang lebih baik, dan menurunkan kemungkinan obesitas atau penyakit kronis lainnya.

4. Lebih banyak energi

Tidur yang lebih nyenyak berarti lebih banyak energi. Tidur tidur lebih awal dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik akan membuat kota bangun dengan perasaan lebih segar dan bugar untuk menghadapi hari.

5. Kulit lebih sehat

Tidur yang baik membantu menjaga kesehatan kulit. Selama tidur, sel-sel kulit beregenerasi, sementara peningkatan aliran darah dan kolagen membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat lingkungan dan sinar UV.

Plus, tidur lebih awal memberi kita lebih banyak waktu untuk mempraktikkan perawatan kulit yang baik. 

Baca juga: Anak Sekolah Susah Bangun Pagi Harus Dimaklumi, Ada Alasan Biologisnya

6. Lebih banyak waktu untuk sarapan

Bangun lebih awal di pagi hari memberi kita waktu ekstra untuk membuat dan menikmati sarapan yang mengenyangkan, alih-alih membeli kopi dan makanan cepat saji.

Memulai hari dengan makanan bergizi dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, dengan lebih banyak energi untuk menjalani hari.

7. Membantu kita berkonsentrasi

Otak tidak langsung bangun begitu kita bangun di pagi hari. Itulah sebabnya kita cenderung merasa pening dan bingung saat pertama kali bangun.

Inersia tidur ini adalah bagian rutin dari proses bangun. Tetap saja, ini bisa berlangsung sekitar satu jam atau lebih sehingga membuat kita lebih sulit untuk berkonsentrasi.

Dengan bangun lebih awal, kita memiliki waktu lebih banyak sehingga dapat mulai bekerja dengan konsentrasi penuh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com